toolbox adalah salah satu jenis toolbar yangsecara defaul akan diletakkan disisi sebelah kiri layar. untuk lebih lanjut mengenal masing-masing tool di dalam corel draw akan di bahas di bawah ini
PICK TOOL
Untuk memilih, mengubah ukuran, memiringkan atau memutar obyek sesuai keinginan
SHAPE EDIT TOOL
- SHAPE F10 untuk mengubah bentuk obyek secara halus
- SMUDGE BRUSH untuk membuat efek distorsi pada obyek garis
- ROUGHEN BRUSH untuk membuat efek bergerigi pada outline garis vektor dari obyek
- FREE TRANFORM untuk memutar obyek dengan bebas
- CROP untuk mengambil bagian gambar yang terpilih dan membuang bagian luar seleksi
- KNIFE untuk memotong obyek/gambar
- ERASER X, untuk menghapus bagian obyek/gambar
- VIRTUAL SEGMENT DELETE untuk memotong segmen garis yang berpotongan dengan obyek lain
- ZOOM "z" untuk memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan desain
- HAND "H" untuk menggeser tampilan desain jika ukurannya melebihi ukuran drawing page
- FREEHAND "F5" untuk membuat garis bentuk bebas dengan cara dragging dalam drawing page
- 2 POINT LINE untuk membuat garis dengan menentukan dua buah titik dalam drawing page
- BEZIER untuk membuat garis lurus dengan dua lebih
- ARTISTIKC MEDIA "I" untuk membuat garis dengan gaya artistic, pada pilihan ini terdapat 5 pilihan antara lain; preset, Brush, sprayer, calligraphic dan preasure
- PEN, untuk menggambar kurve dengan satu segment
- B-SPLINE untuk membuat garis bentuk bergelombang
- POLYLINE, untuk menggambar garis lurus dan kurva
- 3 POINT CURVE, untuk membuat kurve dengan cara dragging dari titik-1 kemudian lepas dititik ke-2 lalu klik pada titik ke-3 untuk mengakhiri pembuatan kurva
- SMART TOOL untuk memberikan fill dencan cepat sebuah ruang yang dihasilkan dari perpotongan beberapa obyek hingga membentuk obyek baru dengan fill yang anda pilih pada property bar
- SMART DRRWAING "SHIFT+S" untuk menggambar bentuk bebas dengan cara mengubah freehand menjadi bentuk dasar dan menghaluskan kurva
- RECTANGLE "F6" untuk membuat obyek kotak dengan cara dragging dalam drawing page
- 3 POINT RECTANGLE untuk membuat obyek kotak dengan cara dragging dari titik 1 lepas pada titik ke 2 berikutnya klik pada titik ke 3 untuk mengakhiri pembuatan obyek persegi empat
- ELLIPSE "F7" untuk membuat obyek berbentuk elips atau lingkaran
- 3 POINT ELLIPSE untuk membuat obyek berbentuk ellips dengan cara dragging dari titik 1 sebagai awal lilngkaran, lepas pada titik ke 2 dan berikutnya lakukan klik pada titik ke-3 sebagai akhir dari pembuatan lingkaran
- POLYGONAL "Y" untuk membuat obyek polygonal(obyek sudut banyak)
- STAR untuk membuat obyek bentuk bintang
- COMPLEX STAR untuk membuat obyek bentuk bintang yang kompleks
- GRAPH PAPER D untuk membuat obyek tabel dari gabungan beberapa kotak/rectangle
- SPIRAL "A" untuk membentuk obyek spiral dengan cara klik ikon ini lalu dragging dalam drawing page
PERFECT SHAPES TOOLS
- BASIC SHAPES untuk membuat obyek bentuk dasar seperti yang tersedia dalam sistem CORELDRAW X5
- ARROW SHAPES untuk membuat obyek bentuk anak panah dengan berbagai bentuk, pola, arah dengan beberapa bentuk ujung panah
- FLOWCHART SHAPES untuk penyusunan gambar diagram atau flowchart
- BANNER SHAPES untuk membuat obyek bentuk banner
- CALLOUT SHAPES untuk membuat obyek bentuk callout yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada gambar lain
TABLE TOOL
DIMENSION TOOLS
- PARALLEL DIMENSION untuk menggambar garis dimensi paralel
- HORIZONTAL or VERTICAL DIMENSION untuk membuat garis dimensi horrisontal atau vertikal
- ANGULAR DIMENSION untuk membuat garis dimensi dua buah garis yang membentuk sudut
- SEGMENT DIMENSION untuk membuat garis dimensi sebuah segment garis
- 3 POINT CALLOUT untuk membuat garis penunjuk yang berfungsi untuk memberikan suatu penjelasan pada sebuah segmen
- STRAIGHT LINE CONNECTOR untuk membuat garis yang menghubunggkan dua buah obyek
- RIGHT ANGLE CONNECTOR untuk membuat garis membentuk sudut yang menghubungkan dua buak obyek
- RIGHT ANGLE ROUND CONNECTOR untuk membuat garis membentuk sudut tumpul yang menghubungkan dua buah obyek
- EDIT ANCHOR untuk memperbaiki ancchor point garis konnector pada obyek yang telah anda pasang
- BLEND untuk membuat obyek blend secara langsung pada obyek
- CONTOUR untuk membuat obyek contour secara langsung pada obyek
- DISTORT untuk memberi efek distorsi secara langsung pada obyek
- DROP SHADOW untuk memberi efek bayangan secara langsung pada obyek
- ENVELOPE untuk membuat obyek envelope secara langsung pada obyek
- EKSTRUDE untuk membuat obyek extrude secara langsung pada obyek
- TRANSPARANCY untuk mengatur transparasi warna secara langsung pada obyek
EYEDROPPER TOOLS
- COLOR EYEDROPPER untuk mengetahui prosentase warna yang digunakan pada fill suatu obyek
- ATTRIBUTES EYEDROPPER untuk mengcopy atribut sebuah obyek untuk diterapkan pada obyek lain seperti outline, color, size, effect
- OUTLINE PEN "F12" untuk menampilkan kotak dialog outline pen
- OUTLINE COLOR "SHIFT+F12" untuk memilih warna outline menggunakan color outline atau color pelette
- NO OUTLINE untuk menghapus outline pada obyek
- HAIRLINE untuk menggunakan outline tipis pada obyek
- 0,5 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 0,5 point
- 0,75 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 0,75 point
- 1 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 1 point
- 1,5 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 1,5 point
- 2 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 2 point
- 3 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 3 point
- 4 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 4 point
- 8 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 8 point
- 10 PT untuk mengubah tebal outline obyek menjadi 10 point
- COLOR untuk mengatur dan menentukan warna outline dengan color docker
- UNIFORM FILL "SHIFT+F11" untuk menampilkan kotak dialog uniform fill
- FOUNTAIN FILL "F11" untuk menampilkan kotak dialog fountain fill
- PATTERN FILL untuk menampilkan kotak dialog pattern fill
- TEXTURE FILL untuk menampilkan kotak dialog texture fill
- POSTSCRIPT FILL untuk menampilkan kotak dialog postscript fill
- NO FILL untuk menghapus fill pada obyek terpilih
- COLOR untuk mengatur dan menentukan warna
INTERACTIVE FILL TOOL
- INTERACTIVE FILL "G" untuk mengatur warna fill secara langsung pada obyek
- MESH FILL "M" untuk menerapkan warna dengan mesh grid pada obyek
0 comments:
Post a Comment