MODUL 3 : MEMFASILITAS BELAJAR BERSAMA DAN BERBAGI PRAKTIK
1. SIKLUS KOMUNITAS BELAJAR DALAM SEKOLAH
LATIHAN PEMAHAMAN :
Berikut yang bukan merupakan siklus inkuiri pada komuntas belajar dalam sekolah adalah
Jawaban : selebrasi
2. mempraktikan siklus komunitas belarjar dalam sekolah
Mempraktikkan Tahap Refleksi dan Perencanaan
Pada video ini kita akan melihat bagaimana rekan kita melakukan refleksi pembelajaran di kelasnya masing-masing dan menentukan perencanaan untuk pembelajaran yang akan datang.
Mempraktikkan Tahap Implementasi
Pada tahap ini, para guru akan menjalankan perencanaan yang sudah dibuat. Mereka juga melakukan observasi rekan sejawat untuk meminta umpan balik saat kegiatan pembelajaran. Mereka juga menggunakan hasil asesmen formatif untuk melihat perkembangan murid daam mengikuti pembelajaran.
[Musik] biasanya mereka menceritakan pengalaman mereka saat pewancara [Musik] tim belajar Kami terdiri dari guru kelas 4 5 dan 6 sekolah kami hanya memiliki satu rombongan belajar untuk setiap kelas sehingga formasi yang kami buat adalah kelas rendah dan kelas tinggi setiap guru memiliki minimal dua teman untuk berdiskusi di awal pertemuan Biasanya kami saling menceritakan garis besar kejadian di kelas yang berkaitan dengan proses belajar dan perlu ditindak lanjuti Rapat ini adalah rapat khusus pengampu pelajaran bahasa Indonesia sehingga topik yang dibicarakan adalah seputar pelajaran itu atau kegiatan literasi di [Musik] kelas ini hasiltihan anak-anak sd4 di minggu lalu di pelajaran bahasa Indonesia saya menugaskan mereka untuk membuat tulisan kreatif dengan tema tertentu Tapi setelah saya periksa masih banyak yang tulisannya belum rapi idenya kurang tersampaikan dengan baik kalimatnya masih belum rapi dan masih banyak tanda baca yang kurang tepat Padahal kalau saya tanyakan secara lisan mereka bisa menjelaskan secara runtut Nah dari keresahan yang disampaikan Kemudian kami refleksikan kira-kira tindak lanjut apa yang harus kami lakukan di kelas kalau dari cerita Bu berarti sebenarnya kemampuan anak dalam menuangkan pemahaman atau pemikiran mereka ke dalam tulisan Itu masih menantang ya di kelas 6 saya juga merasakannya terkadang filter anak Tu juga rapat itu yang membuat Mere kesan menuangkan idenya ohituan ser api oleh kelas 6 ya Iya Bu nah bagaimana dengan kelas 5 apakah anak-anak juga menghadapi tantangan serupa di kelas 5 saya mendapati beberapa anak juga mengalami tantangan yang tidak jauh beda Bu misalnya saat menulis jurnal refleksi mereka belum terampil mengungkapkan gagasannya secara runtut kosakata yang minim pun membuat mereka kesulitan untuk mengungkapkan isi pikirannya Oh berarti kita bisa fokus dulu saja pada cara meningkatkan keterampilan menulis anak ini juga bisa kita asah pada setiap mata pelajaran sebab sebenarnya tiap mata pelajaran pasti punya kebutuhan untuk menyampaikan gagasan lewat tulisan suasana rapat yang terbuka dan nyaman ditambah dengan budaya kesetaraan dan Sikap saling mendukung membuat saya dan teman-teman guru lain merasa nyaman menyampaikan kesulitan-kesulitan yang kami hadapi di [Musik] kelas telah mendengarkan update dari tiap guru dan menyimpulkan Fokus utama yang mau ditindak lanjuti maka langkah berikutnya adalah menentukan kegiatan lanjutan atau intervensi yang sesuai nah kira-kira tindak lanjut apa ya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah menulis ini ada yang punya ide Sepertinya kalau untuk kelas 4 Saya mau mencoba untuk latihan secara bertahap dulu Bu misalnya menulis kalimat lengkap dan sistematis dulu karena itu yang masih menjadi tantangan untuk mayoritas anak-anak di kelas 4 bentuk dan topik kalimatnya akan saya buat beragam eh seperti mengambil dari buku cerita fiksi eh teks tentang tokoh terkenal dan buku pelajaran Bahasa Indonesia oh jadi menguatkan keterampilan-keterampilan dasar dan memecah masalah jadi satu-satu dulu ya Bu menarik itu idenya Dengan begitu kita bisa lebih fokus menentukan intervensi sehingga hasil ya bisa lebih tepat sasaran betul sekali Bu nah kalau butuh referensi sumber bacaan Saya punya beberapa bukunya Nah kalau di kelas 6 apa rencananya Bu dari penjelasan bu Lina saya jadi terpikir untuk memperjelas tahapan menulis anak-anak di kelas saya akan mulai dengan mengajak mereka bercurah ide mengenai suatu topik misalnya dengan membuat peta pikiran atau sekadar menuliskan ide-ide yang muncul di kepala mereka tentang topik tersebut dari situ saya akan mengajak mereka memilah ide Mana yang mau dikembangkan menjadi tulisan Nah untuk mengurangi kecemasan mereka terhadap kesalahan tata bahasa saya akan minta mereka membuat tulisan bebas tulisan itu nantinya akan saya beri umpan balik umpan balik itu bisa menjadi bahan untuk mereka memperbaiki tulisannya Wah saya rasa tahapan itu sudah cukup runtut dan tepat sasaran Bu Eh saya ada saran Bu Bagaimana kalau anak-anak saling memberikan umpan balik satu sama lain Saya rasa anak kelas 6 angkatan ini cukup mampu melakukan itu menarik Bu saya juga yakin mereka mampu melakukan itu Nah kalau di kelas 5 bagaimana untuk kelas 5 Saya berencana membuat dinding kata bersama anak-anak tentang topik yang sedang dibaca bersama harapannya sih ini dapat membantu mereka saat kebingungan mencari kata-kata yang sesuai dengan pesan yang ingin diungkapkan itu bagaimana cara pembuatannya Bu Jadi saya akan mengajak mereka menemukan kata-kata sulit yang ditemukan dalam novel lalu membuat arti kata kelas kata dan juga contoh kalimatnya Wah sudah cukup lengkap ya itu harusnya sudah bisa menambah kosakata anak-anak selain dinding kata Bu Jesika juga bisa membuat kamus saku bentuk kamus saku itu lebih praktis dan bisa langsung dilengkapi kapanp anak menemukan kata baru benar juga Bu saya akan coba tawarkan kedua pilihan ini Minggu depan saya akan mengajak mereka berdiskusi untuk memilih strategi yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka Semoga diskusinya berjalan lancar ya Bu sebagai penutup diskusi saya coba simpulkan kembali Fokus utama kita Selanjutnya ya yaitu memperkuat keterampilan menulis anak di kelas kelas 4 akan menguatkan kembali keterampilan dasar menulis kalimat kelas 5 akan memperkaya kosakata melalui kegiatan dinding kata atau kamusaku sedangkan kelas 6 akan memulai cara menulis kalimat secara bertahap nah jangan lupa untuk mencatat progres belajar secara berkala ya ibu-ibu saat memeriksa pekerjaan murid catat juga Apakah ada informasi penting yang perlu kita ketahui misalnya Apakah Ada progres dari pekerjaan sebelumnya Apakah ada yang masih perlu dikembangkan dari tiap anak atau apakah ada keunggulan dari setiap anak Wah terima kasih pengingatnya Bu Terkadang saya lupa mencatat hasil pekerjaan mereka biasanya langsung saya bagikan setelah saya koreksi Kalau boleh berbagi tips Saya punya cara yang cukup membantu hasil pekerjaan anak-anak yang sudah dikoreksi difoto dulu sebelum dikembalikan kepada mereka nah umpan balik untuk mereka sekalian saja dituliskan Diar at jadi sat catatan bisa untuk bersama Wah Menik sek terim atau Bu Jess ada cara yangin terima kasih nanti saya juga Coba deh tapi saya juga berpikir untuk Punya catatan sendiri biar bisa sayaumkan rencana tindak lanjut yang inin saya lakukan untuk tiap anak silak saja Bu kalau untuk langkah teknis Saya punya di i sealian yang penting anak mendapatkan umpan balik dan intervensi yang tepat sasaran Baik bu Oke Sepertinya kita sudah selesai ya diskusinya pada rapat selanjutnya kita akan membahas implementasi dari seluruh rencana yang kita bicarakan tadi Jangan lupa untuk membawa lembar kerja anak dan hasil observasi di tiap kelas Terima kasih bu Lina Terima kasih Bu [Musik] Jessica
Mempraktikkan Tahap Evaluasi
Pada tahap ini, para guru akan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Saat mengevaluasi, mereka menggunakan hasil asesmen untuk mengukur pencapaian para murid. Mereka juga mengevaluasi apa saja hal yang sudah efektif atau perlu diperbaiki untuk perencanaan selanjutnya.
Transkrip :
[Musik] biasanya mereka menceritakan pengalaman mereka saat pewancara [Musik] tim belajar Kami terdiri dari guru kelas 4 5 dan 6 sekolah kami hanya memiliki satu rombongan belajar untuk setiap kelas sehingga formasi yang kami buat adalah kelas rendah dan kelas tinggi setiap guru memiliki minimal dua teman untuk berdiskusi di awal pertemuan Biasanya kami saling menceritakan garis besar kejadian di kelas yang berkaitan dengan proses belajar dan perlu ditindak lanjuti Rapat ini adalah rapat khusus pengampu pelajaran bahasa Indonesia sehingga topik yang dibicarakan adalah seputar pelajaran itu atau kegiatan literasi di [Musik] kelas ini hasiltihan anak-anak sd4 di minggu lalu di pelajaran bahasa Indonesia saya menugaskan mereka untuk membuat tulisan kreatif dengan tema tertentu Tapi setelah saya periksa masih banyak yang tulisannya belum rapi idenya kurang tersampaikan dengan baik kalimatnya masih belum rapi dan masih banyak tanda baca yang kurang tepat Padahal kalau saya tanyakan secara lisan mereka bisa menjelaskan secara runtut Nah dari keresahan yang disampaikan Kemudian kami refleksikan kira-kira tindak lanjut apa yang harus kami lakukan di kelas kalau dari cerita Bu berarti sebenarnya kemampuan anak dalam menuangkan pemahaman atau pemikiran mereka ke dalam tulisan Itu masih menantang ya di kelas 6 saya juga merasakannya terkadang filter anak Tu juga rapat itu yang membuat Mere kesan menuangkan idenya ohituan ser api oleh kelas 6 ya Iya Bu nah bagaimana dengan kelas 5 apakah anak-anak juga menghadapi tantangan serupa di kelas 5 saya mendapati beberapa anak juga mengalami tantangan yang tidak jauh beda Bu misalnya saat menulis jurnal refleksi mereka belum terampil mengungkapkan gagasannya secara runtut kosakata yang minim pun membuat mereka kesulitan untuk mengungkapkan isi pikirannya Oh berarti kita bisa fokus dulu saja pada cara meningkatkan keterampilan menulis anak ini juga bisa kita asah pada setiap mata pelajaran sebab sebenarnya tiap mata pelajaran pasti punya kebutuhan untuk menyampaikan gagasan lewat tulisan suasana rapat yang terbuka dan nyaman ditambah dengan budaya kesetaraan dan Sikap saling mendukung membuat saya dan teman-teman guru lain merasa nyaman menyampaikan kesulitan-kesulitan yang kami hadapi di [Musik] kelas telah mendengarkan update dari tiap guru dan menyimpulkan Fokus utama yang mau ditindak lanjuti maka langkah berikutnya adalah menentukan kegiatan lanjutan atau intervensi yang sesuai nah kira-kira tindak lanjut apa ya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah menulis ini ada yang punya ide Sepertinya kalau untuk kelas 4 Saya mau mencoba untuk latihan secara bertahap dulu Bu misalnya menulis kalimat lengkap dan sistematis dulu karena itu yang masih menjadi tantangan untuk mayoritas anak-anak di kelas 4 bentuk dan topik kalimatnya akan saya buat beragam eh seperti mengambil dari buku cerita fiksi eh teks tentang tokoh terkenal dan buku pelajaran Bahasa Indonesia oh jadi menguatkan keterampilan-keterampilan dasar dan memecah masalah jadi satu-satu dulu ya Bu menarik itu idenya Dengan begitu kita bisa lebih fokus menentukan intervensi sehingga hasil ya bisa lebih tepat sasaran betul sekali Bu nah kalau butuh referensi sumber bacaan Saya punya beberapa bukunya Nah kalau di kelas 6 apa rencananya Bu dari penjelasan bu Lina saya jadi terpikir untuk memperjelas tahapan menulis anak-anak di kelas saya akan mulai dengan mengajak mereka bercurah ide mengenai suatu topik misalnya dengan membuat peta pikiran atau sekadar menuliskan ide-ide yang muncul di kepala mereka tentang topik tersebut dari situ saya akan mengajak mereka memilah ide Mana yang mau dikembangkan menjadi tulisan Nah untuk mengurangi kecemasan mereka terhadap kesalahan tata bahasa saya akan minta mereka membuat tulisan bebas tulisan itu nantinya akan saya beri umpan balik umpan balik itu bisa menjadi bahan untuk mereka memperbaiki tulisannya Wah saya rasa tahapan itu sudah cukup runtut dan tepat sasaran Bu Eh saya ada saran Bu Bagaimana kalau anak-anak saling memberikan umpan balik satu sama lain Saya rasa anak kelas 6 angkatan ini cukup mampu melakukan itu menarik Bu saya juga yakin mereka mampu melakukan itu Nah kalau di kelas 5 bagaimana untuk kelas 5 Saya berencana membuat dinding kata bersama anak-anak tentang topik yang sedang dibaca bersama harapannya sih ini dapat membantu mereka saat kebingungan mencari kata-kata yang sesuai dengan pesan yang ingin diungkapkan itu bagaimana cara pembuatannya Bu Jadi saya akan mengajak mereka menemukan kata-kata sulit yang ditemukan dalam novel lalu membuat arti kata kelas kata dan juga contoh kalimatnya Wah sudah cukup lengkap ya itu harusnya sudah bisa menambah kosakata anak-anak selain dinding kata Bu Jesika juga bisa membuat kamus saku bentuk kamus saku itu lebih praktis dan bisa langsung dilengkapi kapanp anak menemukan kata baru benar juga Bu saya akan coba tawarkan kedua pilihan ini Minggu depan saya akan mengajak mereka berdiskusi untuk memilih strategi yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka Semoga diskusinya berjalan lancar ya Bu sebagai penutup diskusi saya coba simpulkan kembali Fokus utama kita Selanjutnya ya yaitu memperkuat keterampilan menulis anak di kelas kelas 4 akan menguatkan kembali keterampilan dasar menulis kalimat kelas 5 akan memperkaya kosakata melalui kegiatan dinding kata atau kamusaku sedangkan kelas 6 akan memulai cara menulis kalimat secara bertahap nah jangan lupa untuk mencatat progres belajar secara berkala ya ibu-ibu saat memeriksa pekerjaan murid catat juga Apakah ada informasi penting yang perlu kita ketahui misalnya Apakah Ada progres dari pekerjaan sebelumnya Apakah ada yang masih perlu dikembangkan dari tiap anak atau apakah ada keunggulan dari setiap anak Wah terima kasih pengingatnya Bu Terkadang saya lupa mencatat hasil pekerjaan mereka biasanya langsung saya bagikan setelah saya koreksi Kalau boleh berbagi tips Saya punya cara yang cukup membantu hasil pekerjaan anak-anak yang sudah dikoreksi difoto dulu sebelum dikembalikan kepada mereka nah umpan balik untuk mereka sekalian saja dituliskan Diar at jadi sat catatan bisa untuk bersama Wah Menik sek terim atau Bu Jess ada cara yangin terima kasih nanti saya juga Coba deh tapi saya juga berpikir untuk Punya catatan sendiri biar bisa sayaumkan rencana tindak lanjut yang inin saya lakukan untuk tiap anak silak saja Bu kalau untuk langkah teknis Saya punya di i sealian yang penting anak mendapatkan umpan balik dan intervensi yang tepat sasaran Baik bu Oke Sepertinya kita sudah selesai ya diskusinya pada rapat selanjutnya kita akan membahas implementasi dari seluruh rencana yang kita bicarakan tadi Jangan lupa untuk membawa lembar kerja anak dan hasil observasi di tiap kelas Terima kasih bu Lina Terima kasih Bu [Musik] Jessica
LATIHAN PEMAHAMAN
Pertanyaan: Apa yang menjadi fokus guru dalam tahap refleksi awal?
Pilihan Jawaban:
- Melakukan asesmen formatif.
- Menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar.
- Mempraktikkan perencanaan di kelas.
- Melakukan evaluasi hasil pembelajaran di kelas.
Jawaban:
menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar.
Pertanyaan: Melakukan asesmen formatif termasuk bagian dari tahap implementasi.
Pilihan Jawaban:
- Benar
- Salah
Jawaban: Benar
Pertanyaan: Tahap evaluasi tidak melibatkan rencana tindak lanjut
Pilihan Jawaban:
- Benar
- Salah
Jawaban: Salah
3. PANDUAN MODERASI UNTUK KELOMPOK BELAJAR
LATIHAN PEMAHAMAN
Pertanyaan : Tujuan observasi pembelajaran oleh rekan sejawat di tahap implementasi adalah untuk menilai kinerja guru.
Jawaban : Salah
POST TEST
Pertanyaan: Apa tujuan menggunakan 4 pertanyaan kritis dalam tahap perencanaan?
Pilihan Jawaban:
- A. Menentukan agenda atau topik prioritas.
- B. Mengarahkan diskusi perencanaan pembelajaran.
- C. Melakukan asesmen formatif.
- D. Menentukan tujuan dan target belajar.
Jawaban:
Pilihan yang paling tepat adalah B. Mengarahkan diskusi perencanaan pembelajaran.
Pertanyaan: Berikut adalah hal yang bisa dilakukan pada tahap implementasi di siklus komunitas belajar, kecuali...
- A. Melihat data murid dan menentukan agenda komunitas belajar.
- B. Mempraktikkan perencanaan di kelas dan mereviu perencanaan pembelajaran.
- C. Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk pembelajaran yang lebih maksimal.
- D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan murid.
Jawaban:
Pilihan yang paling tepat adalah A.
Pertanyaan: Apa yang dilakukan guru dalam tahap refleksi awal pada siklus inkuiri?
Pilihan Jawaban:
- A. Melihat data murid, analisis hasil belajar, dan berdiskusi dengan guru lain.
- B. Melaksanakan perencanaan pembelajaran.
- C. Mempraktikkan perencanaan di kelas.
- D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan murid.
Pertanyaan: Tujuan dari melakukan asesmen formatif dalam tahap implementasi adalah:
- A. Mengumpulkan nilai.
- B. Mengetahui perkembangan murid.
- C. Menentukan tujuan dan target belajar.
- D. Melakukan evaluasi hasil pembelajaran di kelas.
Jawaban:
B. Mengetahui perkembangan murid.
Pertanyaan: Berikut merupakan bagian dari tahap evaluasi di komunitas belajar, kecuali...
- A. Menentukan rencana tindak lanjut
- B. Melakukan observasi kelas oleh rekan sejawat
- C. Refleksi mengenai apa yang sudah berjalan efektif dan kurang efektif
- D. Melakukan apresiasi pada capaian dan perilaku efektif
Jawaban:
B. Melakukan observasi kelas oleh rekan sejawat
0 comments:
Post a Comment