Wednesday, July 3, 2024

MODOUL DIMENSI BERNALAR KRITIS


 Dimensi Bernalar Kritis

Video ini memberikan gambaran murid yang sudah memiliki dimensi bernalar kritis dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.

Dalam video ini, kita juga akan mengenal 3 elemen kunci dari dimensi bernalar kritis.



Elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Elemen kunci pertama ini menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri pelajar dan juga kemampuan untuk memperoleh dan memproses informasi yang didapatkannya.

Materi ini membahas tahapan perkembangan elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan di setiap fase murid. Video juga dilengkapi ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan elemen ini.


Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran
Elemen kunci kedua ini adalah kemampuan Pelajar Indonesia untuk membuktikan penalarannya dalam mengambil suatu kesimpulan/keputusan.
Materi ini membahas tahapan perkembangan elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran di setiap fase murid. Video juga dilengkapi ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan elemen ini.
Elemen refleksi pemikiran dan proses berpikir
Elemen kunci terakhir ini mendorong pelajar Indonesia untuk berpikir mengenai proses berpikirnya sehingga ia sampai pada suatu simpulan. Hal ini mendorong pelajar untuk berpikiran terbuka terhadap fakta-fakta baru.
Materi ini membahas tahapan perkembangan elemen merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri di setiap fase murid. Video juga dilengkapi ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan elemen ini.


LATIHAN PEMAHAMAN  :
Pertanyaan : Salah satu bagian dari elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.
Jawaban : Benar
Pertanyaan : Menurut alur perkembangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang ....

Jawaban : SD
Pertanyaan  : Kemampuan merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk ...
Jawaban : Semua Benar


POST TEST :

Bu Omas adalah seorang guru IPA yang mengajar kelas 7. Bu Omas ingin siswa-siswinya paham tentang cara menjaga keselamatan saat melakukan percobaan di laboratorium IPA. Untuk mencapai tujuannya, Bu Omas membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk mencari tahu jenis kecelakaan apa saja yang mungkin terjadi di laboratorium dan bagaimana cara mencegahnya. Selain itu, Bu Omas juga memberikan label pada peralatan dan bahan kimia di laboratorium agar siswa lebih mudah memahaminya.

Pertanyaan:

Kegiatan yang dilakukan Bu Omas ini lebih menekankan pada kemampuan siswa untuk...

  • A. Mencari informasi dan memahami konsep baru. Hal ini karena Bu Omas tidak langsung memberikan jawaban, tetapi mengajak siswa untuk mencari tahu sendiri.
  • B. Menganalisis informasi dan mengambil kesimpulan. Hal ini karena siswa harus menganalisis label pada peralatan dan bahan kimia untuk mengetahui potensi bahaya.
  • C. Jawaban A dan B benar
  • D. Tidak ada jawaban yang benar
Jawaban  : C

Pak Doni memberikan kuis pilihan ganda kepada murid-muridnya. Namun, Pak Doni tidak hanya ingin mengetahui jawaban yang benar, tetapi juga ingin memahami alasan di balik jawaban yang diberikan oleh murid-muridnya. Dengan cara ini, Pak Doni dapat melihat beberapa hal berikut dari murid-muridnya, kecuali...

  • A. Pemahaman murid terhadap konsep: Dengan meminta penjelasan, Pak Doni dapat menilai seberapa baik murid-muridnya memahami konsep yang diajarkan.
  • B. Miskonsepsi: Jika murid memberikan jawaban yang salah, penjelasan mereka dapat membantu Pak Doni mengidentifikasi kesalahpahaman atau miskonsepsi yang dimiliki oleh murid.
  • C. Jawaban benar dan salah: Ini adalah hal yang paling jelas. Kuiz pilihan ganda memang dirancang untuk mengetahui jawaban benar dan salah.
  • D. Kesulitan yang dihadapi murid: Dari penjelasan yang diberikan, Pak Doni dapat melihat kesulitan apa saja yang dihadapi murid dalam memahami materi.
Jawaban : C

Pertanyaan:

Kemampuan siswa untuk merenungkan kembali hasil pemikiran atau kesimpulan yang telah mereka capai merupakan bagian dari elemen...

  • A. Memperoleh dan mengolah informasi dan gagasan
  • B. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
  • C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir
  • D. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi  
Jawaban : C

Pertanyaan:

Manakah di antara pilihan berikut yang bukan merupakan bagian dari dimensi berpikir kritis?

  • A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
  • B. Memverifikasi penelusuran informasi
  • C. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
  • D. Refleksi pemikiran dan proses berpikir  

Jawaban : B


Pertanyaan :

Bu Neke adalah seorang guru seni tari. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk mendorong murid-muridnya berpikir kritis, kecuali:

  • A. Saling mereviu penampilan teman saat pentas: Ini adalah kegiatan yang sangat baik untuk mendorong berpikir kritis. Murid-murid akan belajar memberikan masukan yang konstruktif, membandingkan berbagai gaya tari, dan menganalisis kekuatan serta kelemahan dari setiap penampilan.
  • B. Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari: Dengan mendiskusikan berbagai interpretasi terhadap sebuah tarian, murid-murid akan belajar berpikir secara terbuka, menganalisis simbolisme, dan mengevaluasi berbagai sudut pandang.
  • C. Memberikan checklist komponen pertunjukan saat menonton pentas tari: Dengan menggunakan checklist, murid-murid akan belajar mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam sebuah pertunjukan tari, seperti kostum, musik, gerakan, dan ekspresi wajah. Ini akan membantu mereka menganalisis secara sistematis.
  • D. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari: Meskipun menceritakan pengalaman adalah hal yang baik, kegiatan ini belum tentu mendorong berpikir kritis secara langsung. Murid-murid perlu diajak untuk menganalisis, membandingkan, dan mengevaluasi apa yang mereka lihat, bukan hanya sekadar menceritakannya.
Jawaban : C

 


0 comments:

Post a Comment

MENU MATERI PRAKARYA DAN KERAJINAN

MATERI KERAJINAN

DAFTAR MATERI:


-

lMATERI REKAYASA


PKWU

DAFTAR MATERI:


DATA LIST VIDEO SISWA


- DATA MENU DAN TUGAS -

Klik Menu untuk masuk kedalam Menu:

LINK ULANGAN