Wednesday, July 3, 2024

MODUL Dimensi Bergotong Royong


 Dimensi Bergotong Royong

Video ini membahas gambaran dan harapan dari pelajar dengan dimensi bergotong royong yang tumbuh matang dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.


Transkrip :

di Indonesia selam dan bahagia ibu guru Selamat datang di modul dimensi bergotong-royong seperti apa sih harapan dari dimensi ini dalam diri pelajar Indonesia ayo kita pelajari langsung dari para pelajar kita [Musik] teman-teman kalian merasa enggak sih akhir-akhir ini cuaca kita nggak nentu banget ini kan masih bulan Juni Seharusnya masih kemarau tapi kok curah hujan lebih banyak Yo kalian rasa ndak sih sekitar cuman saya saja merasa begitu ternyata kamu juga pernah tuh hari yang lalu pagi-pagi panas sekali tapi tiba-tiba siangnya langsung hujan deres gitu Hai padahal ini belum masuk musim penghujan seharusnya karena musim penghujan itu baru masuk bulan Oktober sampai Maret sekarang masih bulan Juni naik pas banget aku juga sempet nonton di televisi katanya di Kutub Utara itu banyak es sudah mulai mencair loh bahkan menurut berita es di Kutub Utara saat ini mencair dua kali lebih cepat terus ono Profesor ngomong nek beruang kutub diperkirakan musnah akhir abad ini bahwa sepertinya memang masyarakat marshmello Bali ini sudah bener-bener terjadi ya kira-kira apa yang bisa kita lakukan buat mencegah itu ya Kalau menurutku kita memulainya dari hal yang dekat sekali dengan kita ya Misalnya kita coba ajak teman-teman di sekolah untuk menggunakan kendaraan umum atau sepeda waktu ke sekolah terus bisa juga ajak mereka untuk menghemat penggunaan air dan listrik selama disekolah khas sekali kita ajak semua warga sekolah buat menjalankan gaya hidup jerawst dan hemat energi Yuk kita ajak mereka buat hemat pakai air buat hemat energi buat pakai kendaraan umum buat bawa alat makan atau bekal dan minum sendiri penis mengurangi sampah kan setuju Yey Besok kita mulai sampaikan Ide ini ke guru ya habis itu baru kita ajak teman-teman lainnya untuk bergabung apa yang mereka lakukan adalah bentuk dari kolaborasi bersama-sama merencanakan tujuan bersama-sama berusaha mencapainya dengan saling memberi dukungan positif saling terhubung dan terkoordinasi agar mampu berkolaborasi dengan lebih optimal diperlukan perkembangan dimensi Mandiri yang baik pada setiap murid nantinya mereka akan melakukan perannya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama Hai Sugeng Hai swasti tadi kamu habis makan apa itu Oh aku habis makan kentang yang dibeli dari kantin pas sebelum pulang tadi Wenak pol rasane Lah terus kenapa sampah bekas makannya kau masukin kertas Soalnya nggak ada tempat sampah Wow kamu anaknya perlu sangat melengkung Arya W tersebut banget kita harus coba kaya sweety my teman-teman tapi memang di sekitar jalan pulang ke rumah ini gak ada tempat sampah ya Jadi kita harus tanggung jawab sama sampah yang kita bawa harus kita simpan dulu sampai menemukan tempat sampah nah bener kali itu jangan sampai kita meninggalkan sampah sembarangan dan sebetulnya itu gampang banget kan Tinggal kita masukkan ke kantong atau tas atau tinggal kita pegang aja bawa sebentar sambil jalan sambil cari tempat sampah apalagi kalau lebih tempat umum gitu wajib kali dan sebetulnya lewat aksi kecil itu kita bisa ikut serta buat jaga bumi kita jaga fasilitas umum juga ya teman-teman aksi kecil tapi dampaknya besar untuk menjaga fasilitas umum dan tempat publik agar nyaman digunakan oleh siapa saja kita harus bergotong-royong untuk menjaganya ini adalah salah satu wujud dan praktik dari kepedulian praktek ini tidak bisa dilepaskan dari dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia karena menjaga fasilitas umum dan tempat publik merupakan bagian dari pengalaman akhlak terhadap alam [Musik] Halo teman-teman kalian sudah lama menunggu belum kok ayo kita langsung pergi saja masing-masing tiketnya sudah siapkan Ya sudah siap Hai Ibu Mari silahkan duduk gaya tujuan kita masih jauh loh kamu mau duduk di kursiku enggak papa sama si kuat berdiri silakan kakak nona ini duduk saja kasihan adenya yah silakan Bu lah kalian Keren ya Mau berbagi untuk mereka yang lebih membutuhkan kalau pegal kita gantian aja ya nanti kalau ada yang lebih membutuhkan kita bisa berdiri sama-sama aku yang ditunjukkan oleh keempat karakter dalam kereta adalah bentuk dari elemen berbagi Berbagi tidak selalu bersifat materi tetapi kita bisa berbagi banyak hal mulai dari waktu jasa pikiran hingga kesempatan karena berbagi akan membuat setiap pelajar Indonesia menjadi pribadi yang siap untuk membangun hubungan dan memberikan saya kepada ke manusia bagaimana ibu dan bapak guru Halo apakah sudah lebih terbayang harapan dari pelajar yang memiliki dimensi bergotong-royong dimensi ini mengharapkan agar setiap pelajar Indonesia memiliki karakter yang kolaboratif empati dan Mekkah jika kita ulas lagi dimensi ini terbagi kedalam tiga elemen yaitu elemen kolaborasi kepedulian berbagi pada materi-materi Selanjutnya Ibu Bapak akan belajar lebih dalam mengenai tiap elemen yang ada di dalam dimensi ini Serta penerapannya dalam pembelajaran di kelas sampai jumpa ibu dan bapak guru salam dan bahagia [Musik] [Musik]

LATIHAN PEMAHAMAN :

Pertanyaan:

Berikut yang bukan merupakan elemen dari Dimensi Bergotong Royong adalah

  • Kolaborasi
  • Berbagi
  • Kepedulian
  • Empati
Jawaban : Empati

ELEMEN DALAM DIMENSI BERGOYONG ROYONG

Elemen Kolaborasi

Untuk bisa bergotong royong, pelajar Indonesia harus mampu melakukan kolaborasi. Kolaborasi adalah kemampuan kerja sama yang ditunjukkan dengan sikap positif, terampil berkoordinasi, dan pandai berkomunikasi demi mencapai tujuan bersama.


Elemen kepedulian

Pelajar dengan dimensi bergotong royong juga memiliki rasa kepedulian yang mendorongnya untuk bertindak proaktif terhadap kondisi di lingkungan fisik dan sosial.

Elemen berbagi

Melalui kemampuan berbagi, pelajar Indonesia mampu mengupayakan untuk memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan.



LATIHAN PEMAHAMAN :

Tentu, mari kita ubah pertanyaan tersebut menjadi teks dan cari jawabannya:

Pertanyaan:

"Menurut alur perkembangannya, membiasakan diri untuk berbagi ke orang sekitar sebaiknya dimulai dari jenjang..."

Pilihan Jawaban:

  • PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA/K
Jawaban : PAUD

Pernyataan: "Menumbuhkan elemen kepedulian berkaitan dengan kemampuan berempati murid."

Pertanyaan: Apakah pernyataan tersebut benar atau salah?

Jawaban:

Pernyataan tersebut BENAR.


Pertanyaan:

Agar suatu kolaborasi berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan, apa yang harus dilakukan antar anggota kelompok?

  • Bekerja sama
  • Berkomunikasi
  • Percaya
  • Semua benar

Jawaban:

Jawaban yang paling tepat adalah: D. Semua benar.


POST TEST

Pertanyaan:

Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali:

 

A. Elemen kolaborasi

 

B. Elemen kepedulian

 

C. Elemen berbagi

 

D. Elemen kerja sama  

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah: D. Elemen Kerjasama

Pernyataan: "Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri."

Pertanyaan: Pernyataan tersebut benar atau salah?

Pilihan Jawaban:

  • A. Benar, karena berhubungan.
  • B. Salah, bisa berjalan masing-masing.

Analisis dan Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah: A. Benar


Pertanyaan:

Dalam konteks kepedulian, persepsi sosial yang dibutuhkan oleh seorang murid adalah...

  • A. Mengenal orang di sekitarnya
  • B. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu
  • C. Memberi nasihat pada orang yang membutuhkan
  • D. Mempertimbangkan pendapat orang lain

Jawaban:

Jawaban yang paling tepat adalah: B. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu.


Pertanyaan:

Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. Sekolahnya hanya memiliki 5 mikroskop untuk 20 murid. Bagaimana cara Pak Sukri memanfaatkan situasi ini untuk menumbuhkan semangat gotong royong di antara murid-muridnya?

  • A. Membagi kelas menjadi 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya melakukan kegiatan lain.
  • B. Membagi murid menjadi beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke setiap kelompok.
  • C. Menggunakan alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop setiap murid.
  • D. Menggiliran penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir.

Analisis dan Jawaban:

Jawaban yang paling tepat adalah: B. Membagi murid menjadi beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke setiap kelompok.


Tentu, mari kita bahas pertanyaan ini.

Pertanyaan:

Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali:

  • A. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat
  • B. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan  
  • C. Menghargai semua ucapan murid dengan tidak menjatuhkan pendapat murid tanpa argumen logis  
  • D. Mendorong murid memahami reaksi teman sekelompoknya

Jawaban: C


...

0 comments:

Post a Comment

MENU MATERI PRAKARYA DAN KERAJINAN

MATERI KERAJINAN

DAFTAR MATERI:


-

lMATERI REKAYASA


PKWU

DAFTAR MATERI:


DATA LIST VIDEO SISWA


- DATA MENU DAN TUGAS -

Klik Menu untuk masuk kedalam Menu:

LINK ULANGAN