Seperti apa gambaran akan capaian murid yang mempunyai
profil sesuai dengan dimensi mandiri ? Video ini memberikan gambaran
sikap-sikap murid yang sudah memiliki kemampuan mandiri dalam rutinitas
pembelajaran sehari-hari.
Dalam video ini, kita juga akan mengenal 2 elemen kunci dari
dimensi mandiri.
Transkrip :
di Indonesia Halo salam dan bahagia ibu dan bapak guru Selamat datang di model dimensi Mandiri setelah kita melihat beberapa gambaran murid dalam dimensi-dimensi sebelumnya kali ini Mari kita lihat harapan dimensi Mandiri dalam diri profil pelajar Pancasila Yuk kita simak kembali keseharian pelajar kita untuk survei Project kesehatan mental nah bagaimana kalau kita berbagi peran setuju Yuk kita bagi saja siapa yang akan jadi surveyor siapa yang akan mengolah data dan yang akan memaparkan hasil survei kita Aku boleh nggak jadi surveyor nya aku kurang percaya diri kalau harus mengolah data sepertinya aku teliti mungkin aku dapat membantu dengan menjadi surveyor mah persis Aku juga merasa kurang teliti dan kurang menyenangi mengolah data jadi aku ikut Sofia jadi surveyor ketemu banyak orang dan Matias Mau gak jadi yang olahdata kan kalian lebih detail dari kami terus suka banget Kalau sudah menganalisis suatu betul kelihatan ya kalau aku dan Matias paling sering diskusi dan menganalisa sesuatu aku sih enggak masalah kamu mau nggak Mat siang aku senang kok mulih-mulih data deh kalau begitu biar aku Satya dan aku hanya akan mempresentasikan ya Aku ingin latihan berbicara di depan umum terkadang suka grogi Hehehe oke Wow semangat baik rasanya enggak sabar ingin cepat-cepat Project ibu dan bapak sebagai pelajar Mandiri Kami paham apa kelebihan dan yang kami kami sadar setiap orang memang punya potensi yang berbeda-beda tinggal kita mencari cara bagaimana dapat mengembangkan potensi dalam menghadapi tantangan Jadi kami dapat terus maju dan berkembang ini adalah upaya kami untuk mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi hei Ada apa kau terlihat sedih aku harus ikut remedial lagi untuk sosiologi ini kedua kalinya aku ikut remedial disemester ini kecewa banget tidak apa-apa saat kalau aku jadi kamu juga pasti sedih kamu butuh bantuan apa sebenarnya ya aku tuh sudah belajar loh aku coba Menghafal semua yang dipelajari pada unit m ini coba kamu ingat-ingat mata pelajaran lain yang kamu berhasil nggak remedial tuh Hai kamu belajarnya gimana siapa tahu bisa jadi trik kamu disusul lagi ini yeah betul sih refleksi diri kita sendiri mungkin berhasil saat biasanya setelah jet aku coba tulis buat peta konsep tapi aku kesulitan to sociology karena aku sudah pusing duluan melihat banyaknya materi rasanya benar juga ya aku hanya menghafal tapi tidak paham pelajaran ini Nah kita konsep yang biasa kau buat di mata pelajaran lain cobalah dilakukan di sosiologi ya aku mau coba Terima kasih teman-teman semangatnya Satya melalui refleksi Kami yakin dapat memonitor cara yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman termasuk Menindaklanjuti umpan balik yang diberikan oleh teman dan orang dewasa tapi dapat memperbaiki kekurangan kami refleksi diri juga merupakan upaya kami untuk dapat memahami diri dan situasi yang dihadapi hai hai Mbah 10 responden kini sih sudah melewati target kita yang lima orang Bukannya lu sih kemarin kalian bilang hanya dapat tiga orang ya kok hari ini sudah 10 kek mana caranya Awalnya kami kesulitan aku hanya menghubungi komunitas peduli isu kesehatan mental di kampus kakakku ternyata hanya tiga orang yang bersedia lalu aku curhat ke Sando kalau aku Sulit Cari responden pas kami diskusi eh kami kepikiran cara baru kita coba sebaliknya capai pada grup WhatsApp dan sosial media aku pikir saat ini kesehatan mental adalah masalah umum apapun komunitasnya Mungkin ada yang mempunyai permasalahan kesehatan mental tiba-tiba ada 10 responded hahaha wah Ok juga inisiatif kalian ya keren Terima kasih ya sama-sama kalau aku ingat lagi saat itu memang rasanya susah banget Aku khawatir takut Project kita Tegal tapi untung kita bisa berdiskusi berhasil deh mantap ibu dan Bapa kami sadar bahwa dalam proses belajar pasti akan ada kendala tantangan termasuk perasaan takut sedih dan marah sebagai pelajar Mandiri Kami selalu berupaya untuk menjadi pelajar yang adaptif dan inisiatif dalam menghadapi permasalahan yang datang dengan berfokus pada tujuan belajar lebih percaya diri dalam melakukan strategi baru untuk menghadapi tantangan hal ini berada termasuk mengatasi perasaan seperti takut sedih cemas dan gugup kami mampu mengontrol diri kami sendiri untuk terus maju dan berkembang kemampuan ini dinamakan regulasi diri Wah selalu seru ya kalau melihat setuju sahabat menceritakan kisahnya sebagai pelajar Pancasila ibu dan bapak guru pelajar Indonesia adalah pelajar yang memiliki dimensi di dalam pribadinya pelajar yang mandiri bukan hanya sekedar bisa melakukan tugas sendiri atau pergi ke sekolah sendiri melainkan mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya melalui kegiatan refleksi kemampuan ini membantu mereka dalam penetapan tujuan pengembangan diri sesuai dengan minat dan kemampuan lebih lanjut Ia juga mampu untuk bertanggungjawab dan berkomitmen dalam prosesnya tentunya komitmen ini datang dari motivasi intrinsik sebagai bentuk disiplin diri jangka panjang agar murid menjadi pembelajar sepanjang Hayat kompetensi-kompetensi yang telah disebutkan tersebut merupakan cerminan dua elemen dalam dimensi Mandiri yaitu pemahaman diri dan situasi dan regulasi diri Dalam praktiknya setiap dimensi dalam profil pelajar Pancasila saling berkaitan Mari bayangkan jika pelajar Mandiri sudah mantap memiliki regulasi diri juga paham akan situasi yang dihadapi kemampuan untuk berinisiatif mempunyai rasa percaya diri dan Sudahlah menghadapi tantangan merupakan hal yang akan berkaitan dengan dimensi lain seperti kreatif bernama kritis dan bergotong-royong kemampuannya untuk mengontrol dan memahami diri juga akan bersinggungan dengan dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia Wah secara tidak langsung semua berhubungan ya bagaimana benar bapak guru Apakah kita sudah mendapat gambaran profil pelajar yang mandiri pada materi Selanjutnya Ibu dan Bapak akan mengenal lebih lanjut akan kedua elemen dalam dimensi ini termasuk contoh penerapannya di dalam kelas tetap semangat ya ibu dan bapak guru salam dan bahagia
LATIHAN PEMAHAMAN :
Pertanyaan: Harapan dari dimensi mandiri pada diri pelajar Indonesia adalah...
Pilihan Jawaban:
Mampu mengerjakan tugas sendiri
Mampu pergi ke sekolah sendiri
Mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya
Mampu belajar tanpa awasan orang dewasa
Jawaban :
Mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya
Elemen pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Sebagai pelajar yang mandiri, kemampuan menghadapi tantangan
dan kendala yang ada merupakan kemampuan yang krusial untuk dimiliki. Dengan
demikian, murid tetap dapat membuat perencanaan dan strategi belajar yang
realistis untuk kemajuannya.
Sebagai pelajar yang mandiri, kemampuan mengendalikan diri
termasuk emosi diri, akan membantu dirinya mencapai tujuan belajar dan aspirasi
hidup yang ingin dicapainya. Seperti apakah cara kita untuk membantu
murid-murid mempunyai regulasi diri?
Video ini memberikan gambaran strategi yang dapat guru
terapkan untuk membantu murid mencapai elemen regulasi diri sesuai dengan
jenjang diampu.
LATIHAN PEMAHAMAN :
Pertanyaan:
Mampu mengatur perasaan untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya adalah bagian dari
Rasa tangguh
Regulasi emosi
Percaya diri
Adaptif
Jawaban:
Regulasi emosi
Pertanyaan:
Agar mampu memahami diri dan situasi yang dihadapi, murid perlu dilatih untuk...
Melakukan refleksi diri
Mengenali kualitas dan diri
Mengenali tantangan yang dihadapi
Semua benar
Jawaban:
Semua benar
POST TEST :
Pertanyaan:
Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?
Pilihan Jawaban:
A Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?
B Jika bangunanmu tidak tinggi, mau Bapak bantu?
C Kamu menangis pasti karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus?
D Bagaimana kamu tadi menyusunnya sehingga jadi pendek begini?
Jawaban:
A Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?
Pertanyaan:
Pemahaman diri dan situasi
Regulasi emosi
Regulasi diri
Refleksi diri
Dari daftar di atas, yang merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah...
Jawaban: B. 1& 3
Pertanyaan:
Untuk mendukung proses refleksi siswa, hal-hal apa yang sebaiknya kita lakukan?
Pilihan Jawaban:
A. Memberikan waktu berpikir untuk siswa dengan bimbingan penuh dari guru: Ini berarti kita memberikan siswa kesempatan untuk merenungkan apa yang telah mereka pelajari dengan bimbingan seorang guru. Guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa untuk berpikir lebih dalam tentang materi pelajaran.
B. Mengajak siswa untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang telah dilakukan: Dengan menulis rangkuman, siswa dipaksa untuk menyusun kembali informasi yang telah mereka peroleh dan mengidentifikasi poin-poin penting. Ini membantu mereka memahami materi dengan lebih baik dan mengingat lebih lama.
C. Berikan waktu bagi siswa untuk bercerita dengan tanpa paksaan: Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pengalaman dan perasaan mereka tentang materi pelajaran dapat membantu mereka memproses informasi dengan lebih baik. Selain itu, guru juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan yang dialami siswa.
D. Memberikan kepercayaan untuk siswa menghafal pelajarannya: Meskipun menghafal penting, namun bukan satu-satunya cara untuk belajar. Refleksi lebih menekankan pada pemahaman konsep dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dalam situasi yang berbeda.
Jawaban : B
Pertanyaan :
Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..
A. "Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya": Ini adalah ciri khas pelajar mandiri. Mereka mampu mengatur tujuan belajar mereka sendiri sesuai dengan kemampuan dan kapasitas mereka.
B. "Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yang saya bisa lakukan": Pilihan ini justru menunjukkan kurangnya ketekunan dan semangat untuk mengatasi tantangan. Seorang pelajar mandiri biasanya akan berusaha mencari solusi atau bantuan ketika menghadapi kesulitan.
C. "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv": Ini adalah contoh yang bagus dari seorang pelajar mandiri. Mereka mampu mengatur waktu dengan baik dan memprioritaskan belajar.
D. "Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, jadi saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR": Ini juga menunjukkan sikap mandiri. Siswa ini menyadari kelemahannya dan proaktif mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
Jawaban : B
Pertanyaan:
Bagaimana cara yang paling tepat untuk menetapkan target belajar bagi siswa?
Pilihan Jawaban:
A. Siswa sendiri yang menentukan target belajarnya: Artinya, siswa diberikan kebebasan penuh untuk menentukan apa yang ingin mereka pelajari dan capai.
B. Guru yang menentukan target belajar siswa: Artinya, guru akan membuatkan target belajar untuk setiap siswa berdasarkan penilaiannya.
C. Siswa yang menentukan target belajar temannya: Pilihan ini tidak masuk akal karena setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan belajar yang berbeda.
D. Guru tidak perlu memantau target siswa: Artinya, setelah target ditetapkan, guru tidak perlu lagi terlibat dalam proses pembelajaran siswa.
Jawaban : A
Pertanyaan:
·Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan
ketentuan sebagai berikut, yaitu...
Pilihan Jawaban:
A. Siswa sendiri yang menentukan target belajarnya: Artinya, siswa diberikan kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka pelajari dan capai.
B. Guru yang menentukan target belajar siswa: Artinya, guru akan membuatkan target belajar untuk setiap siswa.
C. Siswa yang menentukan target belajar temannya: Pilihan ini tidak masuk akal karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda.
D. Guru tidak perlu memantau target siswa: Artinya, setelah target ditetapkan, guru tidak perlu lagi ikut campur dalam proses belajar siswa.
Jawaban : A
Pertanyaan:
Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..
Pilihan Jawaban:
A. "Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya": Ini menunjukkan bahwa siswa mampu merencanakan pembelajarannya sendiri, yang merupakan ciri khas pelajar mandiri.
B. "Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yang saya bisa lakukan": Pernyataan ini mengindikasikan bahwa siswa cenderung menghindari kesulitan dan tidak berusaha mengatasi tantangan, yang bertentangan dengan sifat mandiri.
C. "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv": Ini menunjukkan kemampuan siswa untuk mengatur waktu dan memprioritaskan belajar, sebuah tanda kemandirian.
D. "Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, jadi saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR": Ini menunjukkan bahwa siswa proaktif dalam mengatasi masalah dan mencari solusi, yang merupakan sifat mandiri.
0 comments:
Post a Comment