Monday, October 29, 2012

GAME MENEMBAK 1




MATERI : GAME
OBYEK : TANK
KEYBOARD ARAH : UP, DOWN, LEFT, RIGHT
SENJATA          : CONTROL

1.       MEMBUAT OBYEK BERBENTUK TANK
tool yang digunakan adalah rectangular dan ovaltool

2.      SETELAH OBYEK SELESAI DI BUAT
ambil tool Selection tool obyek gambar desain Tank di blog(kursor tempatkan diatas obyek)->klik kanan-> convert to symbol
keterangan :          name(* diisi)   = tank
                                    instance name            = tank
3.       MENGENDALIKAN OBYEK TANK
dengan menggunakan keyboard kita akan mengendalikan obyek tank yang dimana perintah yang digunakan dapat kita masukkan didalam action - frame->pada layer 1 - frame 1 - klik kanan->pilih action
Perintah yang digunakan adalah

_root.onEnterFrame=function(){
            if(Key.isDown(Key.UP)){
                        tank._y -=10;
            }
            if(Key.isDown(Key.DOWN)){
                        tank._y +=10;
            }
            if(Key.isDown(Key.RIGHT)){
                        tank._x +=10;
            }
            if(Key.isDown(Key.LEFT)){
                        tank._x -=10;
            }
}
4.      MEMBERI BATASAN FRAME DI DALAM AREA SCENE
Digunakan untuk memberi batasan area didalam area game sekaligus mengurangi blank area
Supaya obyek game tidak bisa keluar dari area kita harus menambahkan script batasan
-          Mencari informasi ukuran scene yang digunakan ?
Contoh : ukuran scene saat ini (default) 550 x 400
Ukuran ini bisa di atur dengan cara ambil selection tool, klik pada scene kosong anda
Dan perhatikan property size di bagian bawah
-          Memasang Script
Script kita tempatkan di dalam Action Frame 1.  Frame 1 -> klik kanan -> action
Perintah akan dituliskan di :
if(Key.isDown(Key.LEFT)){
                        tank._x -=10;
            }
…………………..scipt batasan di tulis di sini………
}
Perintah yang digunakan adalah (scrip batasan)
if(tank._y<10){
                        tank._y=390;
            }
            if(tank._y>390){
                        tank._y=10;
            }
            if(tank._x>540){
                        tank._x=10;
            }
            if(tank._x<10){
                        tank._x=540;
            }

-           
5.      MEMBERIKAN PERSENJATAAN DIDALAM OBYEK TANK
Didalam permaian ada kalanya kita membutuhkan persenjataan. Langkah-langkahnya :
-          Buatkan obyek peluru dengan menggunakan oval tool-> lingkaran kecil
-          Obyek lingkaran kecil, ambil selection tool -> blog lingkaran kecil -> klik kanan
è Convert to symbol beri name = peluru, instance name = peluru
-          Memberikan script perintah di dalam peluru supaya obyek peluru bisa berada tepat
Didepan tank
“peluru” silahkan di klik-> kursos tepatkan diatas obyek -> klik kanan -> action
Akan muncul action – movie clip
Tuliskan script di bawah ini

onClipEvent(load){
            kecepatanpeluru=20;
            this._x=_root.tank._x+1;
            this._y=_root.tank._y-30;
}

Perintah di atas digunakan untuk menempatkan obyek peluru berada di depan tank
Apabila obyek peluru tidak berada di depan tank silahkan rubah variable angka +1 dan angka -30

-          Membuat peluru bergerak ke depan searah sumbu y
Supaya peluru bisa menembak ke depan di bawah script diatas kita tambahkan script seperti dibawah ini :

onClipEvent(enterFrame){
            this._y=this._y-kecepatanpeluru;
            if(this._y<10){
                        removeMovieClip(this)
            }
}
Sehingga script total pada peluru adalah
onClipEvent(load){
            kecepatanpeluru=20;
            this._x=_root.tank._x+1;
            this._y=_root.tank._y-30;
}

onClipEvent(enterFrame){
            this._y=this._y-kecepatanpeluru;
            if(this._y<10){
                        removeMovieClip(this)
            }
}
-          Peluru yang sudah siap akan kita kendalikan dengan menggunakan keyboard
Script perintah yang akan kita gunakan kita tempatkan pada obyek tank..
Ambil selection tool-> tank di klik-> klik kanan action
Akan muncul action –Movieclip
Tuliskan perintah di bawah ini :
onClipEvent(load){
            Kecepatanpeluru=20;
            _root.peluru._visible=0;
            jumlahpeluru=1;
}

onClipEvent(enterFrame){
            if(Key.isDown(Key.CONTROL)){
                        jumlahpeluru++;
                        duplicateMovieClip(_root.peluru, "peluru"+jumlahpeluru, jumlahpeluru);
                        _root.peluru._visible=1;
            }
}

6.      MENAMBAHKAN FAKTOR X
Buat obyek yang akan di jadikan factor x
Ambil selection tool -> klik kanan di convert to symbol beri keterangan
Name = musuh, instance name = musuh
Supaya apabila musuh bisa di tembak pada action peluru diatas kita tambahkan
Klik peluru dengan selection tool-> klik kanan -> action
Tambahkan script dibawah ini
onClipEvent(enterFrame){
            this._y=this._y-kecepatanpeluru;
            if(this._y<10){
                        removeMovieClip(this)
            }
……..tambahkan di sini………………………..
}
Perintah yang akan di tambahkan adalah
if(this.hitTest(_root.musuh)){
                  _root.musuh._visible=0;
      }

Jadi script semuanya adalah :
onClipEvent(enterFrame){
      this._y=this._y-kecepatanpeluru;
      if(this._y<10){
                  removeMovieClip(this)
      }
      if(this.hitTest(_root.musuh)){
                  _root.musuh._visible=0;
                  if(_root.musuh._x<100){
                  _root.musuh._x=random(320)+30;
                 
                  }else{
                              if(_root.musuh._x>100)
                              _root.musuh._x=random(20)+50;
                             
                  }
                  _root.musuh._visible=1;
                 
                  }
}
7.       

0 comments:

Post a Comment

MENU MATERI PRAKARYA DAN KERAJINAN

MATERI KERAJINAN

DAFTAR MATERI:


-

lMATERI REKAYASA


PKWU

DAFTAR MATERI:


DATA LIST VIDEO SISWA


- DATA MENU DAN TUGAS -

Klik Menu untuk masuk kedalam Menu:

LINK ULANGAN