Sunday, February 26, 2012

LAYOUT (SENI MENYUSUN TATA LETAK)



LAYOUT (SENI MENYUSUN TATA LETAK)
Memadukan unsur-unsur grafis merupakan sebuah seni tersendiri dalam menghasilkan media komunikasi visual yang komunikatif. Untuk menghasilkam media komunikasi visual yang komunikatif diperlukan sebuah pengorganisasian dan penataan yang tepat. Pengorganisasian dan penataan unsur grafis ini dilakukan berdasarkan kriteria tertentu yang disesuaikan dengan tujuan dari pesan yang akan disampaikan. Dalam dunia grafis dikenal istilah Layout secara bahasa artinya adalah tata letak. Menurut salah satu teorinya, layout adalah usaha menyusun, menata atau memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, warna dan lain-lain) menjadi media komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik. Fungsi tata letak menurut Basuki dalam (Pujiriyanto, 2005:71) “adalah untuk mencapai keharmonisan, nilai estetis, ekonomis, dan komunikatif”.

Basuki dalam (Pujiruyanto, 2005:72) membagi tahapan tata letak menjadi tiga, yaitu: 1) Tata letak miniatur merupakan penyusunan unsur-unsur grafis yang masih berupa kolom teks dan kolom gambar, 2) Tata letak kasar merupakan tahapan rancangan yang sudah berwujud gambar dan teks, 3) Tata letak komprehensif merupakan tahapan dimana unsur-unsur grafis sudah ditempatkan dengan benar dan siap untuk dicetak.

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Layout

Dalam melakukan proses layout seorang desainer harus memperhatikan prinsip desain (proporsi, keseimbangan, irama, kesatuan, pusat perhatian, kontras. Tidak semua kaidah dalam prinpsip desain itu harus dipenuhi. Akan ada salah satu Penataan tata letak dengan prinsip desain grafis kaidah yang harus ditonjolkan dan ada pula yang harus diminimalkan bahkan dihilangkan tergantung konteks desain yang akan digarap.

Jenis dan Tipe Layout

Banyak sekali tipe layout yang ada mungkin jumlah tidak terbatas. Meskipun demikian secara garis besar layout dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan sumbu koordinatnya. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut.

1. Horisontal
2. Vertikal
3. Diagonal
4. Radial
5. Acak
6. Kombinasi
Hal yang perlu diperhatikan sebelum melaukan proses layout adalah mengumpulkanelemen-elemen desain sebagai berikut.
1. Teks judul
2. Teks subjudul
3. Teks isi/naskah
4. Gambar latar belakang
5. Gambar latar depan/utama/ilustrasi
6. Ornamen/hiasan
7. Logo
8. Banner
sumber : http://www.grafisonline.com/layout.htm

0 comments:

Post a Comment

NEWS FOR ALL

NILAI ULANGAN ONLINE KLS XITANGGAL 10 SEPTEMBER 2016 KLIK DISINI UNTUK MELIHAT NILAI
Ulangan TIk ma darul ulum(klik disini)
Remedial smanca uh1
LINK MATERI REKAYASA KLS XI
1. bahan lunak dalam kerajinan tangan
2. peralatan kerajan bahan lunak
3. tusuk festo
4. kerajinan tekstil
dalaam tahapan konstruksi
Anda dapat menghubungi saya baik berupa kritik dan saran melalui kontak email di bawah ini