MODUL 4 : MEMIMPIN PERUBAHAN
1. Peran Kepala Satuan Pendidikan sebagai Pemimpin Perubahan
Membangun komunitas belajar sejatinya membutuhkan perubahan budaya sekolah dan pola pikir seluruh warga sekolah. Video ini akan membantu Ibu dan Bapak dalam menumbuhkan perubahan tersebut melalui peran Ibu dan Bapak sebagai pemimpin yang transformasional.
Transkip :
ibu dan bapak Pernahkah mencoba untuk mengubah sebuah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari misalnya saat ibu dan bapak memutuskan untuk bangun lebih pagi untuk berolahraga apa yang ibu dan bapak rasakan di masa awal perubahan kebiasaan itu pasti timbul rasa tidak nyaman ya pak l yang sama juga mungkin dirasakan oleh warga sekolah saat menghadapi masa transisi menuju Kebiasaan Baru karena proses perubahan bukanlah proses yang nyaman apalagi instan Mengapa kita perlu memahami sifat perubahan ini dalam membangun komunitas belajar proses perwujudannya berkaitan dengan perahan buday perilaku danlaik dari dan tenaga kependidikan sebagai kepala sekolah ibu bapak akan berperan sebagai pemimpin dan pendamping guru dalam menjalani ini proses perubahan bukanlah proses yang instan artinya proses yang akan ibu bapak lalui membangun komunitas belajar dalam satuan pendidikan akan terjadi hitung buan Maun tahunant harus Ibu dan Bapak lakukan agar proses perubahan tersebut berjalan dengan konsisten ada empat hal yang harus dilakukan ibu dan bapak saat berperan sebagai pemimpin dan pendamping proses perubahan yang pertama mengomunikasikan rasional dan tujuan secara efektif kedua membangun kepercayaan ketiga membangun kompetensi dan yang terakhir mengomunikasikan hasil Mari kita bahas satu persatu pertama mengomunikasikan latar belakang dan tujuan secara efektif pada tahap awal membangun komunitas belajar kepala sekolah perlu menjelaskan untuk apa sih komunitas belajar ini kenapa kita melakukan perubahan ini apa yang ingin dicapai dari komunitas belajar ini perubahan yang berdampak akan terwujud saat seluruh tim mampu memahami latar belakang dan tujuan Mengapa perubahan ini dilakukan dengan jelas Selain itu kepala sekolah juga perlu menjelaskan Apa manfaat perubahan ini bagi diri warga sekolah dan cita-cita organisasi Jika perubahan benar-benar dijalankan hal ini akan membutuhkan rasa kebutuhan dan tanggung jawab kolektif terhadap tujuan sebagai contoh seluruh guru dalam komunitas perlu memahami mengapa guru perlu melakukan refleksi setelah mengajar pastikan mereka memahami tujuan serta manfaat dari penumbuhan kebiasaan tersebut jika perubahan tidak diawali dengan penjelasan tersebut akan sangat mungkin orang mengira ini sebagai pekerjaan tambahan dan menjalankannya seadanya maka itu di tahap awal membangun komunitas belajar sangat penting Ibu Bapak melakukan penguatan dan penyamaan persepsi bersama seluruh guru tentang komunitas belajar ini kedua membangun kepercayaan kepercayaan akan tumbuh saat kepala satuan pendidikan terhubung secara emosi dengan seluruh timnya caranya jadilah rekan bukan mandor saat ibu bapak berpartisipasi dalam diskusi kelompok belajar Jangan bersikap seperti mandor yang mengawasi anak buanya sehingga membuat suasana canggung karena guru-guru takut salah jadilah teman dan fasilitator mereka sehingga suasana terasa nyaman dengarkan pendapat guru sesekali Coba ajak bicara personal tanyakan kesulitan yang dihadapi berikan dukungan dan solusi menjadi panutan sebagai pemimpin Bapak dan Ibu perlu berupaya konsisten dan berkomitmen terhadap perubahan-perubahan yang telah disepakati di awal membangun komunitas dengan melihat pemimpinnya bersungguh-sungguh dalam menjalankan perubahan guru akan terinspirasi dan termotivasi menjalani Perubahan ketiga membangun kompetensi ketika komunitas belajar sudah berjalan tentu kita akan mulai menyadari berbagai hal yang belum kita pahami atau belum bisa kita lakukan ibu dan bapak sebagai pemimpin perubahan perlu memfasilitasi peningkatan kompetensi guru dengan berbagai pelatihan yang dibutuhkan atau mendorong anggota komunitas belajar bers ibu dan bapak dap sumber-sumber yang telah disediakan kand rek di platform Merdeka mengajar Selain itu dukungan dan bimbingan ini dapat berupa umpan balik yang membangun antar individu atau anggota tim keempat mengomunikasikan hasil bagaimanapun Pemimpin harus berusaha untuk memastikan pencapaian hasil yang diharapkan untuk memastikan hal tersebut ibu bapak beserta tim kecil perlu mengumpulkan data yang relevan terhadap hasil belajar murid gunakan data untuk melakukan refleksi terhadap proses dan hasil komunitas belajar di satuan pendidikan hasil refleksi kemudian akan digunakan untuk merancang perbaikan yang dapat memaksimalkan dampak komunitas lakukan selebrasi terhadap pencapaian kecil Apun sehingga para guru merasa dihargai atas proses yang telah dilakukan ibu dan bapak juga dapat mengajak guru untuk merayakan capaian-capaian yang telah dihasilkan capaian atas peningkatan kompetensi dirinya atau capaian atas hasil belajar muridnya itulah tadi empat hal yang perlu dilakukan kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan seperti halnya guru dalam belajar Ibu dan Bapak juga perlu melakukan siklus belajar bersama tim kecil dengan konsisten namun fokus ibu dan bapak sebagai kepala satuan pendidikan adalah bagaimana membantu para guru untuk memberikan dampak kepada peserta didik yuk saling berjuang bersama untuk menjadi pemimpin perubahan di satuan pendidikan kita masing-masing
LATIHAN PEMAHAMAN
Pertanyaan : Berikut ini merupakan peran kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan, kecuali…
Jawaban : Membangung kepemimpinan terpusat
Cerita Pemimpin Perubahan
Ibu Bapak Guru,
Pada materi ini Ibu Bapak akan mendengar pengalaman para pemimpin dalam melakukan perubahan besar di satuan pendidikannya. Perubahan besar tidak terjadi secara instan. Resistensi dari para guru di awal perubahan sangat mungkin terjadi. Fokuslah pada bagaimana perubahan dikelola sampai akhirnya tercapai cita-cita yang diharapkan. Ambil sikap dan contoh perilaku yang bisa Anda terapkan sebagai pemimpin perubahan nantinya.
Pertanyaan: Agar perubahan bisa terjadi, maka perlu...
Pilihan jawaban:
A. Dimulai dari hal sederhana
B. Dibuat jadi kebiasaan secara konsisten
C. Dilakukan monitoring dan evaluasi
D. Semua benar
Pertanyaan: Hal berikut harus dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dalam memastikan pencapaian perubahan yang diharapkan, kecuali...
Pilihan yang paling tepat adalah B. memberikan kebebasan kepada para guru untuk mengimplementasikan program sesuai keinginan masing-masing.
0 comments:
Post a Comment