Tuesday, July 2, 2024

MEMBANGUNG KOMUNITAS BELAJAR DALAM SEKOLAH ( MODUL 4 : MEMIMPIN PERUBAHAN)


 MODUL 4 : MEMIMPIN PERUBAHAN

1. Peran Kepala Satuan Pendidikan sebagai Pemimpin Perubahan

Membangun komunitas belajar sejatinya membutuhkan perubahan budaya sekolah dan pola pikir seluruh warga sekolah. Video ini akan membantu Ibu dan Bapak dalam menumbuhkan perubahan tersebut melalui peran Ibu dan Bapak sebagai pemimpin yang transformasional.


Transkip : 

ibu dan bapak Pernahkah mencoba untuk mengubah sebuah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari misalnya saat ibu dan bapak memutuskan untuk bangun lebih pagi untuk berolahraga apa yang ibu dan bapak rasakan di masa awal perubahan kebiasaan itu pasti timbul rasa tidak nyaman ya pak l yang sama juga mungkin dirasakan oleh warga sekolah saat menghadapi masa transisi menuju Kebiasaan Baru karena proses perubahan bukanlah proses yang nyaman apalagi instan Mengapa kita perlu memahami sifat perubahan ini dalam membangun komunitas belajar proses perwujudannya berkaitan dengan perahan buday perilaku danlaik dari dan tenaga kependidikan sebagai kepala sekolah ibu bapak akan berperan sebagai pemimpin dan pendamping guru dalam menjalani ini proses perubahan bukanlah proses yang instan artinya proses yang akan ibu bapak lalui membangun komunitas belajar dalam satuan pendidikan akan terjadi hitung buan Maun tahunant harus Ibu dan Bapak lakukan agar proses perubahan tersebut berjalan dengan konsisten ada empat hal yang harus dilakukan ibu dan bapak saat berperan sebagai pemimpin dan pendamping proses perubahan yang pertama mengomunikasikan rasional dan tujuan secara efektif kedua membangun kepercayaan ketiga membangun kompetensi dan yang terakhir mengomunikasikan hasil Mari kita bahas satu persatu pertama mengomunikasikan latar belakang dan tujuan secara efektif pada tahap awal membangun komunitas belajar kepala sekolah perlu menjelaskan untuk apa sih komunitas belajar ini kenapa kita melakukan perubahan ini apa yang ingin dicapai dari komunitas belajar ini perubahan yang berdampak akan terwujud saat seluruh tim mampu memahami latar belakang dan tujuan Mengapa perubahan ini dilakukan dengan jelas Selain itu kepala sekolah juga perlu menjelaskan Apa manfaat perubahan ini bagi diri warga sekolah dan cita-cita organisasi Jika perubahan benar-benar dijalankan hal ini akan membutuhkan rasa kebutuhan dan tanggung jawab kolektif terhadap tujuan sebagai contoh seluruh guru dalam komunitas perlu memahami mengapa guru perlu melakukan refleksi setelah mengajar pastikan mereka memahami tujuan serta manfaat dari penumbuhan kebiasaan tersebut jika perubahan tidak diawali dengan penjelasan tersebut akan sangat mungkin orang mengira ini sebagai pekerjaan tambahan dan menjalankannya seadanya maka itu di tahap awal membangun komunitas belajar sangat penting Ibu Bapak melakukan penguatan dan penyamaan persepsi bersama seluruh guru tentang komunitas belajar ini kedua membangun kepercayaan kepercayaan akan tumbuh saat kepala satuan pendidikan terhubung secara emosi dengan seluruh timnya caranya jadilah rekan bukan mandor saat ibu bapak berpartisipasi dalam diskusi kelompok belajar Jangan bersikap seperti mandor yang mengawasi anak buanya sehingga membuat suasana canggung karena guru-guru takut salah jadilah teman dan fasilitator mereka sehingga suasana terasa nyaman dengarkan pendapat guru sesekali Coba ajak bicara personal tanyakan kesulitan yang dihadapi berikan dukungan dan solusi menjadi panutan sebagai pemimpin Bapak dan Ibu perlu berupaya konsisten dan berkomitmen terhadap perubahan-perubahan yang telah disepakati di awal membangun komunitas dengan melihat pemimpinnya bersungguh-sungguh dalam menjalankan perubahan guru akan terinspirasi dan termotivasi menjalani Perubahan ketiga membangun kompetensi ketika komunitas belajar sudah berjalan tentu kita akan mulai menyadari berbagai hal yang belum kita pahami atau belum bisa kita lakukan ibu dan bapak sebagai pemimpin perubahan perlu memfasilitasi peningkatan kompetensi guru dengan berbagai pelatihan yang dibutuhkan atau mendorong anggota komunitas belajar bers ibu dan bapak dap sumber-sumber yang telah disediakan kand rek di platform Merdeka mengajar Selain itu dukungan dan bimbingan ini dapat berupa umpan balik yang membangun antar individu atau anggota tim keempat mengomunikasikan hasil bagaimanapun Pemimpin harus berusaha untuk memastikan pencapaian hasil yang diharapkan untuk memastikan hal tersebut ibu bapak beserta tim kecil perlu mengumpulkan data yang relevan terhadap hasil belajar murid gunakan data untuk melakukan refleksi terhadap proses dan hasil komunitas belajar di satuan pendidikan hasil refleksi kemudian akan digunakan untuk merancang perbaikan yang dapat memaksimalkan dampak komunitas lakukan selebrasi terhadap pencapaian kecil Apun sehingga para guru merasa dihargai atas proses yang telah dilakukan ibu dan bapak juga dapat mengajak guru untuk merayakan capaian-capaian yang telah dihasilkan capaian atas peningkatan kompetensi dirinya atau capaian atas hasil belajar muridnya itulah tadi empat hal yang perlu dilakukan kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan seperti halnya guru dalam belajar Ibu dan Bapak juga perlu melakukan siklus belajar bersama tim kecil dengan konsisten namun fokus ibu dan bapak sebagai kepala satuan pendidikan adalah bagaimana membantu para guru untuk memberikan dampak kepada peserta didik yuk saling berjuang bersama untuk menjadi pemimpin perubahan di satuan pendidikan kita masing-masing


LATIHAN PEMAHAMAN 

Pertanyaan : Berikut ini merupakan peran kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan, kecuali…

Jawaban : Membangung kepemimpinan terpusat


Cerita Pemimpin Perubahan

Ibu Bapak Guru,

Pada materi ini Ibu Bapak akan mendengar pengalaman para pemimpin dalam melakukan perubahan besar di satuan pendidikannya. Perubahan besar tidak terjadi secara instan. Resistensi dari para guru di awal perubahan sangat mungkin terjadi. Fokuslah pada bagaimana perubahan dikelola sampai akhirnya tercapai cita-cita yang diharapkan. Ambil sikap dan contoh perilaku yang bisa Anda terapkan sebagai pemimpin perubahan nantinya.

Transkrip
sekolah kembang ini berdiri sejak tahun 1974 kelompok bermain kembang ini awalnya hanya sebuah kelas di garasi dengan 6 orang murid tahun 2002 sekolah kembang memulai program TK kemudian SD dan SMP saat ini PAUD kembang memiliki lima kelas kelompok bermain dan TK sekitar tahun 2012 kelompok bermain kembang mengalami masa surut namanya masih dikenal baik namun jumlah muridnya semakin sedikit sementara itu peminat untuk TK dan SD tetap tinggi Hal ini membuat kami berefleksi Apa yang membuat kelompok bermain mengalami masa surut ee kembang perlu berubah atau punah pada tahun 2012 itu Saya baru menjadi kepala sekolah untuk kelompok bermain TK dan SD Hal pertama yang saya lakukan adalah mengajak seluruh guru dan tim kelompok bermain berdiskusi dan berefleksi saya mencoba menggali lebih jauh Bagaimana rutinitas Katan di kelompok bermain dan cara kerja guru saya menemukan bahwa rutinitas kegiatan di kelompok bermain pada saat itu cenderung monoton dari hari ke hari anak-anak terlihat senang tapi guru belum betul-betul merencanakan kegiatan yang menyenangkan dan bermakna saya juga melihat guru-guru masih ragu-ragu ketika harus membuat keputusan atau berhubungan dengan orang tua murid sebenarnya kelompok bermain kami pada saat itu masih memiliki banyak hal baik yang bisa menjadi aset memadai untuk memperbaiki diri pertama kami punya guru-guru dengan masa kerja yang panjang mereka memiliki pengalaman yang kaya dan bisa menjalin relasi yang hangat dengan anak-anak kemudian kebiasaan untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar juga masih terpelihara dengan baik ini sejalan dengan nilai-nilai di sekolah kami upaya berubah dan mengembangkan layanan pendidikan di kelompok bermain dimulai dengan e memperbaiki proses mempersiapkan merancang menjalankan kegiatan belajar yang beragam bermakna dan menyenangkan kemudi menumbuhkan kebiasaan melakukan refleksi dan evaluasi secara berkala ee lalu meningkatkan kompetensi guru baik dalam pengetahuan tentang anak maupun juga e melakukan observasi dan mencatat hasil observasi dan yang terakhir melibatkan orang tua dalam kegiatan di sekolah memulai perubahan tentu banyak tantangannya ya pada saat itu saya menemukan dinamika kelompok yang penuh rasa percaya di antara para guru kelompok bermain ini masih perlu dibangun kembali kemudian kunci melakukan perubahan adalah memiliki kebiasaan refleksi pada saat itu ketika guru berkumpul dan ngobrol mereka jarang merefleksikan kegiatan hari itu belum ada pembicaraan mengenai anak-anak dan dinamika yang terjadi di kelas maka eh agak sulit ya mengubah e keyakinan dan kebiasaan maka untuk berubah kami memiliki acuan utama acuan utama perubahan pada saat itu adalah menyelaraskan kembali praktik dan proses di kelompok bermain sesuai dengan nilai-nilai utama sekolah yaitu kasih sayang kebahagiaan kebanggaan keberhasilan dan menghargai perubahan dilakukan dengan hal-hal sederhana misalnya dengan membuat rapat mingguan rutin untuk guru-guru Paud dalam rapat-rapat ini guru banyak berkomunikasi berdialog berdiskusi dengan kepala sekolah yang baru sehingga hubungannya juga lebih hangat dan lebih cair kepala sekolah juga menggunakan rapat mingguan ini untuk membahas satu artikel tentang pengasuhan atau pendidikan bersama guru-guru sehingga dengan cara itu pengetahuan dasar guru tentang pendidikan anak usia dini mulai berkembang misalnya mereka Jadi tahu Oh ternyata ada aspek-aspek perkembangan murid lalu Oh ternyata kegiatan ini bisa mengembangkan motorik halus atau menjadi stimulasi kognitif bagi para murid hal kedua yang d lakukan adalah pembenahan manajemen dan siklus kerja guru PAUD kalau sebelumnya guru PAUD tidak pernah melakukan perencanaan maka guru PAUD mulai dikenalkan oleh siklus kerja mulai dari perencanaan pelaksanaan asesmen atau evaluasi hingga menulis rapor di sini guru-guru juga mulai belajar menuliskan hasil observasi untuk dijadikan bahan rapor kelak yang ketiga kami berupaya menyediakan sistem dukungan bagi guru-guru PAUD ini kami sadar Cakrawala baru yang terbuka dan terbentang ini adalah tantangan yang besar bagi mereka kami berupaya memberikan sistem dukungan bagi guru-guru PAUD yang sedang berubah ini salah satunya dengan cara memberikan pendampingan one onone kepada guru-guru PAUD satu guru PAUD didampingi oleh satu mentor mentor bisa berupa kepala sekolah atau guru-guru SD mereka didampingi Ketika menulis hasil observasi ataupun mengolah hasil observasi ini menjadi rapor dan ini sungguh-sungguh menantang untuk mereka karena Ini pertama kalinya mereka bekerja menggunakan laptop jadi Mereka belajar dari dasar mulai dari menyalakan laptop membuka aplikasi Word mengetik hingga mengedit dan menyimpannya jadi sungguh salut untuk Daya juang dan ketekunan guru-guru PAUD dalam berubah saat saya awal bergabung bersama dengan pa berkembang saya merasa bahwa waktu di mana Kami tidak melakukan kegiatan yang berfokus pada perencanaan dan proses pengelolaan kelas menjadi berharga untuk kami saling belajar dan juga berubah kami juga saling mengobrol bersama dengan guru-guru antar unit mulai dari PAUD TK hingga SD di situ para guru merasa sangat didengar ceritanya dan juga dipercaya kami juga merasa bahwa dari kegiatan ini kami mendapatkan manfaat satu sama lain dari cerita pengalaman guru-guru yang satu dengan yang lainnya yang saya rasakan pertama kali mengetahui ada perubahan yang sedang terjadi perasaan Saya khawatir takut dan tidak percaya diri Bagaimana kalau saya tidak bisa mengikuti perubahan ini salah satu yang membuat saya cemas adalah saat kami diharuskan untuk membuat rapot bukan hanya tentang membuat rapotnya saja tapi juga tentang penggunaan teknologinya Sebelumnya kami tidak pernah menggunakan komputer kalau untuk rapotnya sendiri Kami belajar memilah hasil observasi mana yang akan dimasukkan ke dalam rapot Dan bagaimana menuliskannya sehingga orang tua mudah mengerti isi rapot kami Seiring berjalannya waktu hal yang membuat saya tidak percaya diri dapat saya ubah karena saya mau belajar dukungan yang paling membantu untuk perubahan ini yang saya rasakan terutama dari kepala sekolah yang selalu memberi semangat memberi dorongan supaya saya lebih maju lagi dalam dunia pendidikan Lalu ada teman-teman juga yang selalu membantu saya saat saya menghadapi kesulitan dan juga salah satunya adalah keluarga yang selalu memberikan kesempatan saya untuk mengikuti pelatihan awalnya saya merasa takut dan cemas Apakah saya bisa mengikuti perubahan ini jadi dulu mengajar tanpa perencanaan kegiatannya membosankan e ingin membuat RPP tapi belum tahu caranya maka kami belajar dari awal cara membuat canaan kegiatan di kelas hingga menuliskannya menjadi RPP Saya senang karena dengan perencanaan kegiatan belajar di kelas jadi lebih beragam dan menarik saya juga senang karena mendapat kesempatan untuk ikut seminar atau workshop tentang perkembangan anak dan metode belajar pelatihan-pelatihan tersebut membuka cakrawal baru untuk saya Saya bangga dengan pencapaian saya sejauh ini mereka selalu memberi semangat dan bantuan yang saya butuhkan bagi saya sekolah adalah tempat belajar baik guru murid maupun orang tua dalam perubahan tidak ada titik mulai dan sesai perahan sendi seb siklus titik mulai proses evaluasi refleksi dan kembali lagi ke titik mulai kunci untuk dapat melakukan perubahan dengan konsisten adalah dengan menyadari nilai-nilai yang kita yakini sebagai sebuah komunitas lalu menginternalisasikannya dalam proses bekerja dan berubah Jika ditanya Bagaimana menghadapi para guru yang enggan berubah saya akan menjawab perubahan pasti akan terjadi guru-guru pasti harus berubah mengikuti perkembangan zaman dan belajar hal-hal baru Namun bagi guru-guru ada satu hal yang tidak boleh berubah yaitu keyakinan bahwa kita harus terus memikirkan kepentingan terbaik para peserta didik ada miskonsepsi bahwa perubahan itu hanya dapat dilakukan dengan membekali guru dalam sebuah pelatihan di awal periode kemudian guru diharapkan siap melakukan perubahan sampai tunt sayaat perubahan Ini adalah sebuah siklus yang di dalamnya terdapat fase refleksi dan evaluasi kemudian ada tindak lanjut refleksi menjadi titik kunci dalam siklus perubahan dan perlu dilakukan secara berkala tanpa refleksi tidak ada perubahan yang bisa terjadi

LATIHAN PEMAHAMAN :
Pertanyaan : Untuk membuat perubahan, cukup dengan membekali guru dalam sebuah pelatihan di awal tahun ajaran baru.
Jawaban : Salah

POST TEST

Pertanyaan: Agar perubahan bisa terjadi, maka perlu...

Pilihan jawaban:

A. Dimulai dari hal sederhana 

B. Dibuat jadi kebiasaan secara konsisten 

C. Dilakukan monitoring dan evaluasi 

D. Semua benar


Pertanyaan: Hal berikut harus dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dalam memastikan pencapaian perubahan yang diharapkan, kecuali...

Pilihan yang paling tepat adalah B. memberikan kebebasan kepada para guru untuk mengimplementasikan program sesuai keinginan masing-masing.



0 comments:

Post a Comment

MENU MATERI PRAKARYA DAN KERAJINAN

MATERI KERAJINAN

DAFTAR MATERI:


-

lMATERI REKAYASA


PKWU

DAFTAR MATERI:


DATA LIST VIDEO SISWA


- DATA MENU DAN TUGAS -

Klik Menu untuk masuk kedalam Menu:

LINK ULANGAN