Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Pada video ini, kita akan melihat gambaran dan harapan dari pelajar dengan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia yang tumbuh matang dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.
Dalam video ini, kita juga akan mengenal 5 elemen kunci dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Transkrip :
di Indonesia film stolen bahagia ibu dan bapak guru Selamat datang di modul dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia Seperti apa sarapan dari dimensi ini dalam diri pelajar Indonesia yuk kita pelajari langsung dari para pelajar kita akui Ibadah dulu ya aku juga Sebentar lagi dulu aneh karena ada doa bersama meskipun berbeda agama aku dan teman-teman percaya bahwa Tuhan adalah maha esa sebagai makhluk ciptaan tuhan yang beriman dan bertaqwa kami beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing setiap harinya disamping belajar Hai bekerja dan aktivitas lainnya kami juga melakukan rutinitas dan ritual ibadah kami meyakini bahwa Aktivitas keseharian Kami adalah bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa ini adalah bentuk akhlak kami kepada sang pencipta seperti Sifat Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang kami juga berusaha menghayati dan menampilkan sifat tersebut dalam keseharian dimulai dari mencintai dan menyayangi diri sendiri aku dan teman-teman sadar bahwa tubuh kami adalah karunia yang perlu dijaga dan disyukuri Jadi kami selalu berusaha menyayangi dan merawat diri sendiri dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga memperhatikan gizi seimbang serta Tidur yang cukup di samping berbagai aktivitasku aku juga melakukan waktu untuk diriku sendiri seperti melakukan hobi dan berkumpul dengan teman-teman ini salah satu payaku untuk menjaga kesehatan mental untuk merawat kesehatan mental dan spiritual aku dan temen-temen juga rutin melakukan aktivitas keagamaan seperti sembahyang ibadah atau menghadiri kajian keagamaan kami masing-masing Lex dengan begitu kami menjadi terbiasa refleksi dan memperbaiki diri ilmu keagamaan kami juga semakin bertambah dan berkembang bisa juga beraktivitas lain seperti meditasi refleksi menulis jurnal atau menikmati alam sejenak Ini usaha yang kami coba untuk menyeimbangkan kesehatan fisik mental dan spiritual ah Aku juga yakin Le bahwa Tuhan senang dengan umatnya yang jujur jadi aku dan temen-temen selalu berupaya bersikap jujur amanah menjalankan kewajiban serta berani menyampaikan kebenaran atau fakta ah merawat diri serta berintegritas dan dalah bentuk akhlak kami untuk diri sendiri akhlak ini juga tumbuh bersama dengan dimensi Mandiri dalam diri kami ke mari kami bantu bawakan Bu terima kasih ya sama-sama buku hati-hati di perjalanan Ya huruf pada berantem lagi nanti jernih kau seharusnya kita komentar dengan baik dan merespon dengan baik juga tuh kan enggak harus pakai sindir-sindiran ujar kebencian apalagi sampai menerima gitu ya apalagi Asco sembarang kasih komentar menghina di postingan orange heran juga kenapa kalau dunia maya orang malah pikir bebas berkomentar seenaknya ya sampai-sampai berkata kasar padahal kan seharusnya kita berbuat dan berkata baik dimanapun kita berada Lay jika yang muncul adalah kata-kata buruk bahkan bisa jadi itu adalah cerminan dari dirinya yang mungkin bermasalah sifat penyayang dan pengasih juga tidak hanya berlaku untuk diri sendiri tapi untuk sesama manusia dan makhluk ciptaan tuhan lainnya aku dan teman-teman tidak memandang perbedaan keyakinan atau latar belakang saat membantu sesama yang perlu kita lihat aku dan teman-temanku sama-sama manusia jika ada yang kesulitan maka tanggungjawab kami * membantu kami pun memperhatikan tutur bahasa serta perbuatan sebagai bentuk Hormat kami kepada sesama jika ada perbedaan pendapat kami tidak menganggap itu sebagai ancaman dan menjadi ujaran kebencian perbedaan itu hal yang wajar karena semua orang memiliki perspektifnya masing-masing kami juga aktif menentang pandangan negatif dan diskriminasi atas dasar Perbedaan suku agama ras kepercayaan disabilitas ataupun gender ini adalah bentuk akhlak kami kepada sesama manusia hal ini tidak lepas dari terbangunnya dimensi berkebhinekaan Global pada diri kami sehingga muncul kepedulian dan kemauan untuk mewujudkan keadilan sosial aku dan teman-teman sadar bahwa Tuhan menciptakan bumi dan seisinya untuk kebutuhan hidup manusia sehingga sudah menjadi tanggung jawab kami pula sebagai pengemban amanah di bumi untuk isinya termasuk dalam menjaga kelestarian hewan dan tanaman karena kami sadar pengaruh mereka dalam ekosistem Jadi adik-adik kami nanti dapat tetap menikmati manfaat dari alam yang diciptakan Tuhan ini adalah bentuk akhlak kami kepada alam sebagai upaya hidup berkelanjutan asyik kita sudah punya KTP eh Iyo sekarang kita sudah punya hak pilih lagi dan Ayo gunakan hak pilih kita dengan baik sebagai warga negara Indonesia kami sadar bahwa kami memiliki hak dan kewajiban aku dan teman-teman berusaha menekan hak kami dengan baik seperti hak memilih dan hak berpendapat sebagai warga negara Indonesia berdasarkan hukum kami juga sadar dengan kewajiban kami menaati peraturan adalah hal yang baik untuk kami juga orang lain seperti peraturan berkendara misalnya kami sadar bahwa aturan ada untuk melindungi kami dan juga orang lain di Jalan Raya akhlak pribadi dan akhlak kepada sesama manusia mendorong kami untuk melakukan gotong royong Demi kemajuan Indonesia sebagai wujud cinta kami kepada tanah air menjadi warga negara yang baik adalah bagian dari tugas yang perlu kami jalani sebagai umat beragama ini adalah bagian dari ibadah kami dan bentuk akhlak kami kepada negara bagaimana ibu dan bapak guru Apakah sudah lebih terbayang harapan dari pelajaran memiliki dimensi beriman berakhlak mulia dimensi ini menyiratkan kualitas keimanan dan ketaqwaan pelajar Indonesia yang tercermin dalam sikap dan perilaku yang dapat diamati jika kita ulas lagi dimensi ini terbagi ke dalam lima elemen yaitu elemen akhlak beragama akhlak pribadi akhlak pada manusia akhlak pada alam serta akhlak bernegara Pada materi-materi selanjutnya diubah Pak aja lebih dalam mengenai masing-masing elemen ini Serta penerapannya dalam pembelajaran di kelas salam dan bahagia
LATIHAN PEMAHAMAN :
Berikut yang bukan elemen dari Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia adalah ....
Jawaban : Elemen Akhlak Mulia
2. Elemen dalam Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Elemen Akhlak Beragama
Akhlak beragama adalah bagaimana murid hubungan yang kuat dengan Tuhan YME. Termasuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Materi ini membahas harapan dari akhlak beragama dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.
Elemen Akhlak Pribadi
Pelajar yang berakhlak mulia diwujudkan dalam rasa sayang dan perhatian pelajar kepada dirinya sendiri. Pelajar memiliki rasa sayang, peduli, hormat, dan menghargai dirinya sendiri. Materi ini membahas harapan dari akhlak pribadi dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.
Elemen Akhlak Kepada Manusia
Keimanan dan ketakwaan pelajar terhadap Tuhan YME juga akan berpengaruh pada sikap dan perilakunya pada sesama manusia. Materi ini membahas harapan dari elemen akhlak kepada manusia dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.
Elemen akhlak kepada alam
Pelajar Indonesia dengan elemen akhlak kepada alam menyadari tanggung jawabnya dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai ciptaan Tuhan. Materi ini membahas harapan dan tahapan perkembangan elemen akhlak kepada alam di setiap fase murid.
Elemen Akhlak Bernegara
Akhlak bernegara mendorong pelajar Indonesia untuk peduli dan membantu sesama. Juga turut bergotong royong menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud cinta yang dimilikinya untuk negara.
LATIHAN PEMAHAMAN :
Pertanyaan:
Inti dari sub-elemen "mengenal dan mencintai Tuhan YME" pada elemen akhlak beragama adalah...
a. Menghayati inti dari sifat-sifat utama Tuhan, yaitu kasih dan sayang. b. Mengenal unsur utama keagamaan/kepercayaan. c. Pelaksanaan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaan. d. Memahami esensi dari pelaksanaan ibadah/ritual keagamaan.
Jawaban:
a. Menghayati inti dari sifat-sifat utama Tuhan, yaitu kasih dan sayang.
Pertanyaan:
Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual adalah bagian dari elemen....
a. Elemen akhlak beragama b. Elemen akhlak pribadi c. Elemen akhlak kepada manusia d. Elemen akhlak alam
Jawaban:
b. Elemen akhlak pribadi
Pertanyaan:
Melalui elemen akhlak kepada manusia, murid diharapkan mampu berakhlak mulia pada sesama tanpa memandang perbedaan. Penguatan hal ini berkaitan juga dengan dimensi...
a. Berkebinekaan global b. Mandiri c. Bernalar kritis d. Kreatif
Jawaban:
a. Berkebinekaan global
Pernyataan: Guru IPA adalah yang paling memiliki peran untuk menguatkan elemen kepada alam pada diri murid.
Jawaban : salah
Pertanyaan:
Elemen yang berperan memunculkan sikap cinta tanah air dan nasionalisme adalah...
a. Elemen akhlak beragama b. Elemen akhlak pribadi c. Elemen akhlak kepada manusia d. Elemen akhlak bernegara
Jawaban:
d. Elemen akhlak bernegara
POST TEST
Pertanyaan:
Manakah di antara pilihan berikut yang bukan contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas?
A. Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas.
B. Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid.
C. Guru Sejarah mengajak murid melihat
Pertanyaan:
Manakah di antara pilihan berikut yang bukan contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas?
A. Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas.
B. Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid.
C. Guru Sejarah mengajak murid melihat
Jawaban:
D. Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga.
Pertanyaan:
Pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, elemen yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah...
A. Akhlak beragama B. Akhlak pribadi C. Akhlak kepada sesama D. Akhlak kepada alam
Jawaban:
A. Akhlak beragama
Pertanyaan:
Pak Zamrud adalah guru Sejarah kelas XII. Saat belajar tentang Perang Dunia II, ia membagi murid menjadi 2 kelompok, yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Masing-masing kelompok mempelajari sejarah dari sudut pandang mereka masing-masing, lalu mempresentasikannya kepada kelompok lain. Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen...
A. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
B.
Jawaban:
B. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
Pertanyaan:
Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada...
A. Dirinya dan sesama manusia
B. Dirinya, orang lain, dan alam
C. Dirinya, orang lain, hewan, dan tumbuhan
D. Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air
Jawaban:
D. Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air
Pertanyaan:
Pernyataan "Elemen akhlak kepada alam diintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA" adalah...
A. Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup paling relevan dengan alam dan ekosistem.
B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan.
C. Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar.
D. Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi alam dan
Jawaban:
B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan.
0 comments:
Post a Comment