Tuesday, July 2, 2024

MODUL Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia


 Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Pada video ini, kita akan melihat gambaran dan harapan dari pelajar dengan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia yang tumbuh matang dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.

Dalam video ini, kita juga akan mengenal 5 elemen kunci dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.


Transkrip :

di Indonesia film stolen bahagia ibu dan bapak guru Selamat datang di modul dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia Seperti apa sarapan dari dimensi ini dalam diri pelajar Indonesia yuk kita pelajari langsung dari para pelajar kita akui Ibadah dulu ya aku juga Sebentar lagi dulu aneh karena ada doa bersama meskipun berbeda agama aku dan teman-teman percaya bahwa Tuhan adalah maha esa sebagai makhluk ciptaan tuhan yang beriman dan bertaqwa kami beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing setiap harinya disamping belajar Hai bekerja dan aktivitas lainnya kami juga melakukan rutinitas dan ritual ibadah kami meyakini bahwa Aktivitas keseharian Kami adalah bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa ini adalah bentuk akhlak kami kepada sang pencipta seperti Sifat Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang kami juga berusaha menghayati dan menampilkan sifat tersebut dalam keseharian dimulai dari mencintai dan menyayangi diri sendiri aku dan teman-teman sadar bahwa tubuh kami adalah karunia yang perlu dijaga dan disyukuri Jadi kami selalu berusaha menyayangi dan merawat diri sendiri dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga memperhatikan gizi seimbang serta Tidur yang cukup di samping berbagai aktivitasku aku juga melakukan waktu untuk diriku sendiri seperti melakukan hobi dan berkumpul dengan teman-teman ini salah satu payaku untuk menjaga kesehatan mental untuk merawat kesehatan mental dan spiritual aku dan temen-temen juga rutin melakukan aktivitas keagamaan seperti sembahyang ibadah atau menghadiri kajian keagamaan kami masing-masing Lex dengan begitu kami menjadi terbiasa refleksi dan memperbaiki diri ilmu keagamaan kami juga semakin bertambah dan berkembang bisa juga beraktivitas lain seperti meditasi refleksi menulis jurnal atau menikmati alam sejenak Ini usaha yang kami coba untuk menyeimbangkan kesehatan fisik mental dan spiritual ah Aku juga yakin Le bahwa Tuhan senang dengan umatnya yang jujur jadi aku dan temen-temen selalu berupaya bersikap jujur amanah menjalankan kewajiban serta berani menyampaikan kebenaran atau fakta ah merawat diri serta berintegritas dan dalah bentuk akhlak kami untuk diri sendiri akhlak ini juga tumbuh bersama dengan dimensi Mandiri dalam diri kami ke mari kami bantu bawakan Bu terima kasih ya sama-sama buku hati-hati di perjalanan Ya huruf pada berantem lagi nanti jernih kau seharusnya kita komentar dengan baik dan merespon dengan baik juga tuh kan enggak harus pakai sindir-sindiran ujar kebencian apalagi sampai menerima gitu ya apalagi Asco sembarang kasih komentar menghina di postingan orange heran juga kenapa kalau dunia maya orang malah pikir bebas berkomentar seenaknya ya sampai-sampai berkata kasar padahal kan seharusnya kita berbuat dan berkata baik dimanapun kita berada Lay jika yang muncul adalah kata-kata buruk bahkan bisa jadi itu adalah cerminan dari dirinya yang mungkin bermasalah sifat penyayang dan pengasih juga tidak hanya berlaku untuk diri sendiri tapi untuk sesama manusia dan makhluk ciptaan tuhan lainnya aku dan teman-teman tidak memandang perbedaan keyakinan atau latar belakang saat membantu sesama yang perlu kita lihat aku dan teman-temanku sama-sama manusia jika ada yang kesulitan maka tanggungjawab kami * membantu kami pun memperhatikan tutur bahasa serta perbuatan sebagai bentuk Hormat kami kepada sesama jika ada perbedaan pendapat kami tidak menganggap itu sebagai ancaman dan menjadi ujaran kebencian perbedaan itu hal yang wajar karena semua orang memiliki perspektifnya masing-masing kami juga aktif menentang pandangan negatif dan diskriminasi atas dasar Perbedaan suku agama ras kepercayaan disabilitas ataupun gender ini adalah bentuk akhlak kami kepada sesama manusia hal ini tidak lepas dari terbangunnya dimensi berkebhinekaan Global pada diri kami sehingga muncul kepedulian dan kemauan untuk mewujudkan keadilan sosial aku dan teman-teman sadar bahwa Tuhan menciptakan bumi dan seisinya untuk kebutuhan hidup manusia sehingga sudah menjadi tanggung jawab kami pula sebagai pengemban amanah di bumi untuk isinya termasuk dalam menjaga kelestarian hewan dan tanaman karena kami sadar pengaruh mereka dalam ekosistem Jadi adik-adik kami nanti dapat tetap menikmati manfaat dari alam yang diciptakan Tuhan ini adalah bentuk akhlak kami kepada alam sebagai upaya hidup berkelanjutan asyik kita sudah punya KTP eh Iyo sekarang kita sudah punya hak pilih lagi dan Ayo gunakan hak pilih kita dengan baik sebagai warga negara Indonesia kami sadar bahwa kami memiliki hak dan kewajiban aku dan teman-teman berusaha menekan hak kami dengan baik seperti hak memilih dan hak berpendapat sebagai warga negara Indonesia berdasarkan hukum kami juga sadar dengan kewajiban kami menaati peraturan adalah hal yang baik untuk kami juga orang lain seperti peraturan berkendara misalnya kami sadar bahwa aturan ada untuk melindungi kami dan juga orang lain di Jalan Raya akhlak pribadi dan akhlak kepada sesama manusia mendorong kami untuk melakukan gotong royong Demi kemajuan Indonesia sebagai wujud cinta kami kepada tanah air menjadi warga negara yang baik adalah bagian dari tugas yang perlu kami jalani sebagai umat beragama ini adalah bagian dari ibadah kami dan bentuk akhlak kami kepada negara bagaimana ibu dan bapak guru Apakah sudah lebih terbayang harapan dari pelajaran memiliki dimensi beriman berakhlak mulia dimensi ini menyiratkan kualitas keimanan dan ketaqwaan pelajar Indonesia yang tercermin dalam sikap dan perilaku yang dapat diamati jika kita ulas lagi dimensi ini terbagi ke dalam lima elemen yaitu elemen akhlak beragama akhlak pribadi akhlak pada manusia akhlak pada alam serta akhlak bernegara Pada materi-materi selanjutnya diubah Pak aja lebih dalam mengenai masing-masing elemen ini Serta penerapannya dalam pembelajaran di kelas salam dan bahagia


LATIHAN PEMAHAMAN  :

Berikut yang bukan elemen dari Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia adalah ....

Jawaban : Elemen Akhlak Mulia



2. Elemen dalam Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Elemen Akhlak Beragama

Akhlak beragama adalah bagaimana murid hubungan yang kuat dengan Tuhan YME. Termasuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Materi ini membahas harapan dari akhlak beragama dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.

Elemen Akhlak Pribadi

Pelajar yang berakhlak mulia diwujudkan dalam rasa sayang dan perhatian pelajar kepada dirinya sendiri. Pelajar memiliki rasa sayang, peduli, hormat, dan menghargai dirinya sendiri. Materi ini membahas harapan dari akhlak pribadi dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.

Elemen Akhlak Kepada Manusia

Keimanan dan ketakwaan pelajar terhadap Tuhan YME juga akan berpengaruh pada sikap dan perilakunya pada sesama manusia. Materi ini membahas harapan dari elemen akhlak kepada manusia dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.

Transkrip :
di Indonesia salam dan bahagia ibu dan bapak guru pada video ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai elemen ketiga dalam dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yaitu elemen akhlak kepada manusia jika pada video sebelumnya kita belajar tentang perwujudan rasa sayang dan perhatian seorang murid pada dirinya sendiri pada video kali ini kita akan belajar tentang tersebut kepada sesama manusia seperti apa ya kira-kira pengembangan elemen ini pada setiap diri murid lalu bagaimana contoh pembelajarannya di setiap jenjang elemen akhlak kepada manusia terdiri dari dua suku elemen utama yaitu mengutamakan persamaan dengan orang Hai dan menghargai perbedaan dan berempati kepada orang lain sekarang Mari kita coba renungkan sejenak pembelajaran selama ini di kelas untuk kedua suplemen ini Bagaimana sikap ibu dan bapak jika ada murid yang tidak menghargai perbedaan atau tidak empati pada temannya Apakah kita sudah memberi contoh kepada murid untuk mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan serta berempati kepada siapapun selama ini sebagai bagian dari masyarakat murid perlu menyadari bahwa semua manusia setara di hadapan Tuhan mereka diharapkan mampu berakhlak mulia pada sesama manusia tanpa memandang perbedaan konsep ini sejalan dengan dimensi berkebhinekaan Global murid perlu memahami bahwa setiap manusia tidak bisa memilih dilahirkan di keluarga dengan latar belakang agama Suku atau ras apa murid perlu memahami juga bahwa semua orang adalah unik dan mereka penting sebagai hai hai Hai murid menyadari bahwa kesamaan adalah pemersatu dalam konteks perbedaan apapun yang ditemukan mereka berkenaan mendengarkan dengan baik pendapat yang berbeda dari pendapatnya dan menganalisanya secara kritis tanpa memaksakan pendapatnya sendiri mereka juga menolak prasangka buruk diskriminasi perundungan dan kekerasan terhadap sesama manusia yang disebabkan oleh segala bentuk perbedaan sikap mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan lahir dari pembiasaan bukan hanya sekadar materi dalam kelas jenjang PAUD adalah HP mulai murid mulai dibiasakan mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki dirinya sendiri dan temannya dalam berbagai hal mereka terbiasa mendengarkan pendapat temannya baik itu pendapat yang sama ataupun pendapat yang berbeda dengan pendapat yang dimilikinya dan mengekspresikannya secara wajar Hai kebiasaan ini kemudian dikuatkan pada jenjang SD murid terbiasa memberikan respon terhadap perbedaan secara positif murid bisa mengidentifikasi kesamaan antara dirinya dengan temannya untuk kemudian menjadikan kesamaan tersebut sebagai perekat hubungan sosial mereka mulai mengenali berbagai kemungkinan cara pandang yang berbeda ketika dihadapkan dengan situasi yang sulit pada jenjang SMP murid pun naik tingkat dengan mengenal perspektif dan emosi dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya mereka bisa mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik dan pada jejak SMA atau SMK murid sudah bisa mengidentifikasi permasalahan bersama dan memberikan alternatif solusi untuk menjembatani perbedaan dan mengutamakan kemanusiaan dalam pembelajaran suplemen ini wajib diterapkan dalam program kurikulum karena ini adalah bentuk sikap sehari-hari murid dalam interaksi apapun misalnya saat mengerjakan tugas kelompok ibu dan bapak guru membiasakan murid untuk bekerja sama dengan teman yang berbeda latar belakang sosial tradisi suku agama atau kepercayaannya ibu dan bapak guru juga bisa memberikan kesempatan pada mereka untuk saling bertukar pendapat dan mau mendengarkan orang lain dengan baik jika terjadi perbedaan pendapat kita bisa memberi contoh dengan memberikan respon yang positif jika terjadi konflik pada murid ibubapa bisa mencoba beberapa strategi seperti berlatih mengutarakan perasaan seseorang yang belum dewasa umumnya bereaksi cepat terhadap peristiwa yang menjengkelkan menjadi frustasi dan saling menyalahkan adalah reaksi yang mereka keluarkan ketika menghadapi konflik murid perlu berlatih mengutarakan perasaan mereka Nah dengan cara yang sehat dan juga tenang ajarkan mereka menggunakan pernyataan saya merasa ketika marah dengan seorang teman ketika murid belajar menggunakan pernyataan ini mereka fokus pada Bagaimana suatu perilaku mempengaruhi mereka tanpa harus menyalahkan berlatih menemukan solusi mungkin tampak lebih muda untuk membantu murid memecahkan masalah dengan memberi tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya namun mereka akan menjadi pemecah masalah yang lebih baik ketika belajar bagaimana menemukan solusinya sendiri beri kesempatan kepada masing-masing murid yang sedang berkonflik untuk menceritakan peristiwa dari awal sampai akhir dari sudut pandangnya lalu tanyakan beberapa pilihan solusi dari kedua belah pihak dan terakhir Mintalah mereka untuk mencari kesamaan diantara pilihan tersebut ibu dan bapak guru hebat selanjutnya kita bahas suplemen kedua yaitu tentang berempati kepada orang lain empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain melihat dari sudut pandang orang tersebut dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan positif antara sesama manusia dengan berempati kita memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan lebih mudah dalam mengontrol emosi Lalu seperti apa alur perkembangan sikap tersebut pada setiap jenjang pada jenjang PAUD murid mulai dibiasakan mengenali emosi seperti sedih bahagia kecewa dan juga marah murid juga Mulai mengetahui minat dan kebutuhan orang-orang terdekat serta meresponnya secara positif kebiasaan ini kemudian dikuatkan pada jenjang SD murai terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan terdekatnya Hai mereka mulai memandang sesuatu dari perspektif orang lain serta mengidentifikasi kebaikan dan kelebihan orang disekitarnya pada jenjang SMP murid pun naik tingkat dengan mengenal perspektif dan emosi dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai dan atau dikenalnya pada jenjang SMA murid sudah bisa memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan atau kelompok lain dalam pembelajaran kita bisa memberi kesempatan pada murid untuk berlatih melihat sudut pandang orang lain dan membayangkan apa yang orang lain pikirkan ada beberapa strategi yang bisa kita coba di kelas misalnya yang pertama memberikan contoh empati Terkadang kita merasa kesal pada murid lalu Apa yang sebaiknya dilakukan cobalah Berhenti sejenak Tarik nafas lalu melihat situasi dari sudut mereka Mengapa murid tersebut berpikir atau bertindak demikian jadilah pendengar yang aktif dan beri respon dengan tutur kata serta bahasa tubuh yang tidak menghakimi yang kedua memberikan pemahaman tentang sudut pandang ajak murid memahami bahwa konflik bisa terjadi karena perbedaan sudut pandang misalnya melalui kegiatan-kegiatan di kelas sebagai eksbreaking seperti menggunakan huruf w&m angka 6 dan 9 atau objek lainnya setelahnya ajak murid berdiskusi Mengapa ada jawaban-jawaban yang berbeda ketiga menggunakan literatur Pilihlah literatur yang sesuai dengan jenjang murid misalnya dongeng populer bawang merah dan bawang putih kita pasti merasa simpati pada bawang putih karena Ia mendapat perlakuan buruk dari saudari dan ibu tirinya tapi bagaimana Hai jika kita ajak murid untuk melihat dari sudut pandang bawang merah Ajukan pertanyaan untuk bahan diskusi seperti tentang perasaan bawang merah ketika pertama kali bertemu dengan bawang putih atau pertanyaan lain yang menggali sudut pandang bawang merah nah bagaimana ibu bapak guru ternyata mengajarkan akhlak kepada sesama manusia bisa dimulai dari hal-hal sederhana ya dasar manusia and dan kepedulian terhadap sesama yang ditanamkan pada murid juga dapat menguatkan perkembangan dimensi bergotong-royong dalam dirinya ibu dan bapak guru pelajar yang memiliki akhlak kepada manusia akan menjadi orang yang bertanggung jawab peduli dan berusaha aktif menjadi pemersatu ketika ada konflik yuk mari bersama kita tumbuhkan elemen ini dalam diri sendiri dan juga murid kita selamat berproses ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia hai hai

Elemen akhlak kepada alam

Pelajar Indonesia dengan elemen akhlak kepada alam menyadari tanggung jawabnya dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai ciptaan Tuhan. Materi ini membahas harapan dan tahapan perkembangan elemen akhlak kepada alam di setiap fase murid.


transkrip :
di Indonesia salam dan bahagia ibu dan bapak guru pada video kali ini kita akan membahas tentang elemen kelima dalam dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yaitu elemen akhlak kepada alam kita akan mempelajari bersama bahwa elemen ini mencakup ranah yang lebih luas dari sekadar menjaga kebersihan atau membuang sampah ditempatnya Adakah yang sudah melihat poster di majalah dinding sekolah saya bu yah bulan ini sekolah kita akan mengadakan bulan hijau setiap kelas diminta merancang kegiatan bersama alam ada yang punya the kegiatan yang bisa dilakukan kelas 5 Bagaimana kalau kita mendata tanaman yang ada di sekolah lalu kita buat papan namanya Terima kasih daya dari ide Barusan ada yang bisa menyebutkan topik apa saja yang bisa kita ingat kembali pelajaran IPA topik bentuk tulang daun ku karena pasti bentuk daun setiap tanaman berbeda jadi kita bisa mengamati lebih dekat ibu guru boleh enggak kita melakukan kegiatan terkait mengolah sampah tapi aku masih belum kepikiran Apa yang bisa dilakukan Bu terima kasih Mathias dan swasti sudah mencoba memberi ide Mari kita sama-sama mencari ide kegiatan terkait sampah yang bisa bermanfaat untuk teman-teman di kelas lain juga ada yang bisa membantu itu bagaimana kalau kita melaju kegiatan matematika Minggu lalu tentang mengukur benda-benda di rumah Tapi kali ini kita coba menimbang jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari di rumah bagus anak-anak idenya menarik kita bisa hubungkan ide itu dengan pelajaran bahasa Indonesia tentang pemanfaatan majalah dinding sebagai media informasi sekolah sekarang Ibu minta setiap kelompok mendiskusikan topik pelajaran apa saja yang bisa dikaitkan dengan ide-ide tadi baru nanti kita tentukan kegiatan mana yang akan dipilih Hai ibu dan bapak guru apa yang Ibu Lisa dan murid-murid kelas 5 diskusikan adalah salah satu bentuk penerapan dimensi akhlak kepada alam yang bisa kita lakukan di kelas dari percakapan tadi terlihat bahwa guru selalu mengajak murid mencari kaitan antara materi yang sedang dipelajari dengan hal-hal di dalam kesehariannya akhlak pada alam terdiri dari dua elemen yaitu menjaga lingkungan dan memahami keterhubungan ekosistem bumi elemen dimensi akhlak kepada alam sebaiknya bukan sesuatu yang hanya disampaikan secara teoritis guru perlu kreatif mengidentifikasi bentuk penerapan topik yang sedang dipelajari bersama para murid dalam proses pembelajaran agar mereka melakukan refleksi keterkaitan antara teori dan sikap kesehariannya terhadap lingkungan hidup di sekitarnya Apakah perwujudan elemen akhlak kepada alam hanya bisa dilakukan di pelajaran IPA saja ndak dialog di awal sesi menunjukkan bahwa setiap pelajaran dapat terkait dengan elemen ini biasanya elemen ini akan bersinggungan dengan topik-topik seperti tanaman hewan sumber daya alam kerusakan lingkungan energi terbarukan alam semesta dan masih banyak lagi selain Sisi teoritis saintifik yang bisa didapat dari berbagai bidang studi Sisi teoritis keagamaan juga penting mengangkat topik ini ini demi memantapkan pemahaman bahwa Tuhan Yang Maha Esa memberikan amanah kepada manusia untuk menjaga alam kegiatan refleksi yang melibatkan multi bidang studi seperti misalnya IPA dan agama perlu dipaparkan dan dibiasakan sejak dini dengan demikian para murid dan guru terbiasa merefleksikan diri bahwa kita adalah isi dan bagian dari alam semesta pembiasan refleksi tadi diharapkan dapat membawa pada pemahaman Apakah akan tindakan keseharian kita membawa keharmonisan terhadap alam semesta Contohnya seperti kegiatan di kelas 5 tadi lewat kegiatan mengamati tanaman guru mengajak murid mengingat kembali bagian tanaman secara detail lebih lanjut setelah kegiatan ini Berikan pertanyaan reflektif kepada murid melalui lembar aktivitas tujuannya untuk membantu murid melihat keterhubungan antara dirinya dengan ekosistem lingkungan sekolah Begitu juga dengan kegiatan menimbang sampah rumah tangga guru dapat mengajak murid menemukan keterkaitan antara kegiatan matematika tentang pengukuran dengan kehidupan di keseharian misalnya dengan menambahkan elemen pemilahan sampah kegiatan dan pertanyaan ini dapat membantu murid memahami dampak perilakunya terhadap lingkungan elemen akhlak kepada alam ini juga diharapkan dapat membentuk pelajar Indonesia yang berkesadaran penuh bahwa dirinya adalah bagian dari ekosistem bumi yang yang saling mempengaruhi dan manusia sebagai ciptaan Tuhan punya tugas menjaga dan melestarikan alam semua jenjang perlu memasukkan elemen ini dalam kegiatan pembelajaran pembiasaan dan kesadaran ini menjadi dasar untuk menerapkan gaya hidup peduli lingkungan penguatan elemen ini dapat secara aktif membuat murid berkontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dijunjung PAUD stimulasi elemen ini dapat menggabungkan antara kegiatan jelajah alam dengan berkarya saat mencari bahan berkarya misalnya guru dapat menambahkan instruksi untuk mengambil bahan alam yang sudah jatuh ini akan menjadi referensi bagi anak-anak untuk menghargai tanaman dan membiasakan untuk tidak mencabut tanaman dengan sembarangan di jenjang SD Guru dapat membiasakan untuk selalu mengaitkan topik yang telah dibahas dengan kejadian keseharian contoh kegiatannya seperti yang dibahas di kelas 5 tadi Hai dirinya SMP guru dapat mengajak murid untuk melihat lebih jeli tentang fakta-fakta di lingkungan sekitarnya pada jenjang ini studi literasi mulai bisa dimanfaatkan agar tidak teoritis selalu ajak murid untuk memikirkan solusi dalam merespon data situasi yang didapatkan misalnya murid diajak mencermati penggunaan kantong plastik di lingkungannya hingga mencari data tentang hal ini secara global kemudian ajak murid Untuk membuat satu hal nyata untuk merespon situasi tersebut seperti mendesain dan membuat tas belanja untuk digunakan di rumah masing-masing di jenjang SMA dan SMK kegiatan harus sudah berfokus pada kontribusi nyata murid terhadap meskipun hal ini selalu diawali dengan pengumpulan data dan penemuan alasan mengapa situasi Itu penting menjadi perhatian bersama menumbuhkan elemen akhlak kepada alam ada gems murid di jenjang SMA atau SMK bisa jadi penantang apalagi bila pembiasaannya belum dilakukan secara kontinyu di jenjang-jenjang sebelumnya Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan minat-minat khusus remaja misalnya menantang murid membuat kampanye digital tentang carbon footprint penggunaan tas belanja atau topik-topik lainnya lalu menyebarkannya di media sosial yang mereka miliki Hai ibu dan bapak guru perlu dicatat bahwa elemen akhlak kepada alam juga berkaitan dengan dimensi bernalar kritis karena itu sebaiknya guru memulai kegiatan dengan mengajak murid melakukan pengamatan identifikasi serta analisis baik secara langsung maupun studi literatur dari berbagai sumber setelah kegiatan guru sebaiknya melontarkan 1-2 pertanyaan reflektif untuk terus mengasah kemampuan murid berefleksi dengan stimulasi konsisten di semua jenjang harapannya kita akan memiliki generasi yang menghargai alam dalam setiap pikir ucap dan lakunya selamat berproses ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia

Elemen Akhlak Bernegara

Akhlak bernegara mendorong pelajar Indonesia untuk peduli dan membantu sesama. Juga turut bergotong royong menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud cinta yang dimilikinya untuk negara.


Transkrip :
di Indonesia undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pembukaan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan Pancasila Pancasila satu syarat ketuhanan yang maha esa ke ketuhanan yang maha esa 2 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab salam dan bahagia ibu dan bapak guru adegan pembacaan teks Pembukaan undang-undang Dasar 45 tapi Pancasila tadi pasti sangat familiar dengan suasana upacara bendera sebelumnya kita sudah belajar empat elemen dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia pada materi ini kita akan mengulas elemen kunci terakhir pada dimensi ini yaitu akhlak bernegara elemen akhlak bernegara ia memunculkan sikap cinta tanah air dan nasionalisme dianggap buah dari perkembangan dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dimensi gotong-royong dan dimensi kebhinekaan Global Mengapa demikian Mari kita simak penjelasan berikut ini akhlak bernegara terbentuk sebagai bukti pengembangan diri setiap individu pada elemen-elemen yang kita pelajari sebelumnya pada materi sebelumnya kita sudah belajar bagaimana akhlak beragama membuat individu sadar akan kasih dan sayang Tuhan Yang Maha Esa kepada dirinya Hai maka dia juga bertanggung jawab untuk mengasihi dan menyayangi dirinya yaitu akhlak pribadi mengasihi dan menyayangi sesama manusia yaitu akhlak kepada manusia mengasihi dan menyayangi alam yaitu akhlak kepada alam dan yang tidak kalah penting yaitu taat pada perintah dan menjauhi larangannya elemen-elemen tersebut terus dikembangkan sehingga kemudian membentuk seseorang yang berjiwa nasionalis dan mencintai tanah airnya dengan begitu keimanan dan ketaqwaan juga mendorongnya untuk serta secara aktif mewujudkan sikap yang adil kepada sesama manusia dan seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud cinta yang dimilikinya untuk negara murid yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia adalah individu yang cinta pada tanah air serta menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang sebaik-baiknya murid menyadari bahwa menjadi negara yang baik adalah bagian tugas dari wujud keimanan dan ketakwaannya terhadap tuhan yang maha esa Ia juga menyadari bahwa nasionalisme dan keimanan bukanlah hal yang bertentangan Bagaimana mungkin seseorang yang tidak bertanggung jawab terhadap diri sesama manusia dan alam akan memiliki sikap cinta pada tanah airnya ibu dan bapak guru kira-kira Apakah dengan melaksanakan upacara bendera setiap Senin mampu menumbuhkan sikap cinta tanah air Tentu saja itu adalah salah satu cara tetapi juga perlu diikuti dengan cara-cara lain yang mendorong murid menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik Misalnya di jenjang PAUD sebagai fase fondasi awal anak mulai dikenalkan hak dan tanggung jawabnya di rumah dan juga di sekolah misalnya hak untuk mendapatkan kasih sayang dan juga perlindungan dari keluarga Hai juga dikenalkan tentang kewajiban menjaga kebersihan diri dan rumah dan lain-lain sebagai ungkapan rasa syukur dan cerminan atas sifat kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa pada jenjang SD murid mulai dilatih untuk mengidentifikasi hak dan kewajiban di rumah di sekolah dan juga lingkungan sekitar tidak hanya hak dan kewajiban sendiri tetapi hak dan kewajiban orang lain selain itu mereka juga diajak untuk memahami peran hak dan juga kewajiban sebagai warga negara dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari halaman ini terus dikembangkan di Jejak SMP murid dilatih untuk dapat menganalisis peran hak dan kewajiban sebagai warga negara dan memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi Kemudian pada jenjang SMA atau SMK diharapkan murid dapat memperoleh hak dan melaksanakan kewajiban hingga negaraan serta terbiasa mendahulukan ibu dan bapak guru semua alur perkembangan ini ditumbuhkan sebagai bentuk keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa maka perkembangan dimensi tiap jenjang secara berkelanjutan ini menjadi perhatian kita agar murid mampu melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia hai lalu bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran kita dapat mendorong murid membuat keyakinan kelas yang bersandar atas hak dan juga kewajiban misalnya semua anggota kelas berkewajiban menghormati perbedaan pendapat berkewajiban menjaga fasilitas kelas dan lain sebagainya semua anggota kelas berhak mendapatkan suasana yang nyaman dalam belajar berhak menggunakan fasilitas kelas yang sama dan lain-lain maka murid akan terbiasa melaksanakan hak dan kewajibannya secara konsisten karena dijalankan sebagai keyakinan Ia juga akan dapat belajar mengidentifikasi hak the juga kewajiban orang lain nah Hai MN akhlak bernegara ini identik dengan mata pelajaran PPKN terutama soal Bagaimana mendorong murid melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara tetapi tidak menutup kemungkinan elemen ini diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran pembelajaran berbasis proyek maupun ekstra kurikuler misalnya mata pelajaran PPKN murid tidak hanya hafal akan bunyi Pancasila tetapi mereka mampu mengidentifikasi perilaku orang-orang disekitarnya yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila sehingga ia mampu memahami peran hak dan juga tanggung jawab dirinya serta orang-orang disekitarnya jika di kolaborasikan dengan mata pelajaran seni dan budaya murid dapat membuat karya dari hasil identifikasi tersebut ke sebuah pertunjukan drama atau dengan bentuk karya yang lain Hai masih banyak strategi pembelajaran lain yang dapat kita gunakan untuk menanamkan elemen ini kita dapat berdiskusi dengan guru mata pelajaran lain untuk mendesain pembelajaran yang memunculkan elemen akhlak negara ibu dan bapak guru dengan memiliki akhlak bernegara diharapkan pelajar Indonesia yang beriman bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dapat bertanggungjawab dan berkomitmen pada negara memahami menerima dan menghargai kemajemukan bangsa berkontribusi membangun negara dan menyadari perubahan Global Lantas apa yang dapat kita lakukan untuk mewujudkannya Selamat belajar ibu-bapak guru hebat salam dan bahagia

LATIHAN PEMAHAMAN :

Pertanyaan:

Inti dari sub-elemen "mengenal dan mencintai Tuhan YME" pada elemen akhlak beragama adalah...

a. Menghayati inti dari sifat-sifat utama Tuhan, yaitu kasih dan sayang. b. Mengenal unsur utama keagamaan/kepercayaan. c. Pelaksanaan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaan. d. Memahami esensi dari pelaksanaan ibadah/ritual keagamaan.

Jawaban:

a. Menghayati inti dari sifat-sifat utama Tuhan, yaitu kasih dan sayang.


Pertanyaan:

Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual adalah bagian dari elemen....

a. Elemen akhlak beragama b. Elemen akhlak pribadi c. Elemen akhlak kepada manusia d. Elemen akhlak alam

Jawaban:

b. Elemen akhlak pribadi


Pertanyaan:

Melalui elemen akhlak kepada manusia, murid diharapkan mampu berakhlak mulia pada sesama tanpa memandang perbedaan. Penguatan hal ini berkaitan juga dengan dimensi...  

a. Berkebinekaan global b. Mandiri c. Bernalar kritis d. Kreatif

Jawaban:

a. Berkebinekaan global


Pernyataan: Guru IPA adalah yang paling memiliki peran untuk menguatkan elemen kepada alam pada diri murid.

Jawaban : salah


Pertanyaan:

Elemen yang berperan memunculkan sikap cinta tanah air dan nasionalisme adalah...

a. Elemen akhlak beragama b. Elemen akhlak pribadi c. Elemen akhlak kepada manusia d. Elemen akhlak bernegara

Jawaban:

d. Elemen akhlak bernegara


POST TEST

Pertanyaan:

Manakah di antara pilihan berikut yang bukan contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas?

A. Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas. B. Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid. C. Guru Sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk mengajarkan murid berempati. D. Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga

Pertanyaan:

Manakah di antara pilihan berikut yang bukan contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas?

A. Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas. B. Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid. C. Guru Sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk mengajarkan murid berempati. D. Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga.  

Jawaban:  

D. Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga.

Pertanyaan:

Pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, elemen yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah...

A. Akhlak beragama B. Akhlak pribadi C. Akhlak kepada sesama D. Akhlak kepada alam

Jawaban:

A. Akhlak beragama


Pertanyaan:

Pak Zamrud adalah guru Sejarah kelas XII. Saat belajar tentang Perang Dunia II, ia membagi murid menjadi 2 kelompok, yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Masing-masing kelompok mempelajari sejarah dari sudut pandang mereka masing-masing, lalu mempresentasikannya kepada kelompok lain. Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen...

A. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati. B. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati. C. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan. D. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.  

Jawaban:

B. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.


Pertanyaan:

Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada...  

A. Dirinya dan sesama manusia B. Dirinya, orang lain, dan alam C. Dirinya, orang lain, hewan, dan tumbuhan D. Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air  

Jawaban:

D. Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air

Pertanyaan:

Pernyataan "Elemen akhlak kepada alam diintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA" adalah...

A. Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup paling relevan dengan alam dan ekosistem. B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan. C. Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar. D. Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi alam dan ekosistem.  

Jawaban:

B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan.


0 comments:

Post a Comment

MENU MATERI PRAKARYA DAN KERAJINAN

MATERI KERAJINAN

DAFTAR MATERI:


-

lMATERI REKAYASA


PKWU

DAFTAR MATERI:


DATA LIST VIDEO SISWA


- DATA MENU DAN TUGAS -

Klik Menu untuk masuk kedalam Menu:

LINK ULANGAN